Situbondo (Antara Jatim) - Sebanyak 38 fasilitator dari guru SMP sederajat dan SD sederajat di Situbondo, Jawa Timur, Senin mengikuti pelatihan menulis melalui program Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika atau USAID Prioritas.

"Fasilitator yang mengikuti pelatihan ini berasal dari sejumlah sekolah, yakni SD/MI dan SMP/MTS yang tersebar di Situbondo. Pelatihan ini adalah salah satu dari program USAID Prioritas," ujar Bagian Spesialis Komunikasi USAID Prioritas Provinsi Jawa Timur Dian Kusuma Dewi di Situbondo.

Ia mengemukakan pelaksanaan pelatihan menulis bagi fasilitator atau perwakilan guru dari sejumlah sekolah SMP dan SD sederajat itu nantinya akan membuat tulisan di lingkungan sekolahnya masing-masing dan diserahkan kepada pendamping USAID Prioritas.

Menurut Dian, setelah seluruh fasilitator menyerahkan karya tulisnya yang baik, USAID Prioritas akan menyerahkannya kepada Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, sebagai bukti kongkrit bahwa 38 fasilitator itu telah mengikuti pelatihan menulis maupun dalam program buku berjenjang.

"Setelah mengikuti pelatihan menulis pada program USAID Prioritas ini diharapkan nantinya bisa menularkan kepada guru sekolah maupun kepala sekolah selama mengikuti pelatihan," tuturnya.

Acara pelatihan menulis terhadap puluhan fasilitator yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Panji, Situbondo, ini juga dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Situbondo, Fathorrahman. Dalam sambutannya, pihaknya mengapresiasi pelaksanaan pelatihan terhadap fasilitator dari guru itu.

"Indeks prestasi masyarakat atau IPM di Situbondo di urutan 35 dari 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur," katanya saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara pelatihan fasilitator oleh USAID Prioritas.

Oleh karena itu, Kepala Dinas Pendidikan setempat berharap kepada fasilitator yang mengikuti berbagai pelatihan dari program Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika, itu nantinya akan meningkatkan SDM para guru dengan cara para fasilitator menularkannya apa yang didapatkan dalam pelatihan tersebut.

USAID Prioritas juga mengundang salah seorang Redaktur LKBN Antara Biro Jatim Edy M Ya'kub sebagai narasumber dalam pelatihan menulis dengan memberikan materi penulisan yang baik sesuai kaedah jurnalistik.

"Menulis itu tidak hanya asal menulis, akan tetapi bagaimana kita sebagai penulis harus bisa mewakili pembaca atau masyarakat dengan menggunakan bahasa yang sederhana untuk memudahkan masyarakat mengetahui isi dari tulisan itu sendiri," katanya kepada peserta pelatihan.

Sebagai narasumber dalam pelatihan itu, Edy juga memberikan kesempatan kepada semua peserta untuk bertanya tentang cara menulis yang baik dan benar yakni melalui metode 5W+1 H. ().

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016