Surabaya (Antara Jatim) - Kapuskes TNI Mayor Jenderal TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS, mengecek Rumah Sakit Lapangan di "Sarang Petarung" Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Senin.

Dalam kunjungan ke Batalyon Kesehatan-1 Mar itu, Kapuskes TNI didampingi Karumkit RSAL Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI Dr. IDG Nalendra DI SpB, SPBKTV.

Kunjungan itu disambut Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si. (Han) yang didampingi sejumlah Asisten Danpasmar-1, dan Kadiskes Kormar Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta Jayantri, SpPD.

Dalam kesempatan itu, Komandan Pasmar-1 mengucapkan selamat datang kepada Kapuskes TNI di "Sarang Petarung" Korps Marinir Karangpilang Surabaya serta memperkenalkan para pejabat dilingkungan Pasmar-1.

Sementara itu, Komandan Batalyon Kesehatan-1 Marinir Letkol Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort mengatakan rumah sakit lapangan Batalyon Kesehatan-1 Marinir merupakan salah satu fasilitas kesehatan lapangan yang didapat dari bekas perang Malvinas yang dimodifikasi.

"Fasilitas dari Malvinas itu dirangkai hingga membentuk satu kesatuan bangunan rumah sakit, yang secara mudah dan cepat digelar di medan operasi atau bencana untuk memberikan bantuan pengobatan atau evakuasi medis sebelum dirujuk ke rumah sakit rujukan," katanya.

Ia menambahkan Rumah Sakit Lapangan Korps Marinir terdiri dari beberapa modul, diantaranya modul gawat darurat, modul bedah, modul perawatan, modul evakuasi, modul poliklinik, modul penunjang (Laboratorium dan Rontgen) dan modul seksi markas. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016