Tulungagung (Antara Jatim) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur memastikan 13 lembaga pendidikan yang ditunjuk sebagai pelaksana ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di daerah itu telah siap 100 persen menggelar ujian secara "online" tersebut.
    
"Kami sudah cek dan koordinasikan semua dengan sekolah-sekolah penyelenggara UNBK atau UN-CBT ('UN computer based test'), dan semua menyatakan telah siap," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dindik Tulungagung, Heru Mudjiono di Tulungagung, Senin.
    
Selain ketersediaan perangkat keras seperti komputer dan server yang sesuai spesifikasi standar yang dibutuhkan, kata Heru, kesiapan 13 lembaga penyelenggara UNBK itu diukur dari beberapa kali uji coba yang dilakukan secara bertahap.
    
Hasilnya, kata Heru, kendati sempat mengalami kendala penyelenggaraan uji coba UNBK bisa berjalan lancar.
    
Petugas atau panitia penyelenggara yang menjadi operator sekaligus pengawas ujian di masing-masing sekolah memiliki kemampuan mempersiapkan perangkat sekaligus memandu pelaksanaan UNBK.
    
Selain itu, kata dia, ujian langsung berbasis komputer juga sudah beberapa kali dilakukan oleh 13 lembaga pendidikan tingkat SMA/MA/SMK itu melalui pelaksanaan ujian semester.
    
"Dari serangkaian uji coba dan ujian langsung itu, siswa juga terlatih dan bisa beradaptasi dengan ujian model daring (dalam jaringan) seperti ini," ujarnya.
    
Dari total 52 lembaga penyelenggara UN tingkat SMA/MA/SMK di Tulungagung, papar Heru, hanya ada 13 lembaga yang ditunjuk sebagai penyelenggara UNBK atau UN-CBT.
    
Rinciannya, empat lembaga dari kelompok SMA (SMAN 1 Boyolangi, SMAN 1 Kedungwaru, SMAN 1 Ngunut, serta SMAN 1 Rejotangan), satu lembaga dari MA Negeri 1 Tulungagung, dan delapan lembaga dari kelompok SMK (SMKN 1 Boyolangu, SMKN 2 Boyolangu, SMKN 3 Boyolangu, SMKN 1 Tulungagung, SMKN 1 Bandung, SMK Sore, SMK PGRI 1 Tulungagung, dan SMK Ngunut).
    
Ujian nasional jenjang SMA sederajat di Tulungagung rencananya akan diikuti oleh 10.544 siswa yang tersebar di 52 lembaga pendidikan tingkat SMA/MA/SMK. Rinciannya, SMA/MA sebanyak 5.364 siswa dan SMK sebanyak 5.180 siswa.
    
Dari total peserta ujian nasional tersebut, siswa di 13 lembaga penyelenggara UNBK itu tercatat sebanyak 5.308 siswa, dengan rincian 1.775 siswa dari kelompok siswa SMA/MA, dan 3.533 siswa dari delapan SMK. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016