Surabaya (Antara Jatim) - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi akan membuka S2 di kabupaten setempat.

"Kita sudah dua tahun membuka Unair Kelas Banyuwangi untuk prodi S1 dan lancar, maka sekarang akan kita untuk prodi S2," kata Rektor Unair Prof Dr Moh Nasih SE MT.Ak CMA di Surabaya, Rabu.

Didampingi Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas setelah menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama itu, ia menyatakan kerja sama dengan Pemkab Banyuwangi itu untuk memperluas kemanfaatan Unair.

"Meski berdiri di Surabaya, tapi kemanfaatan Unair kini dapat dirasakan pula di Banyuwangi. Kita juga menerapkan standar kualitas yang sama dan ketat untuk Unair di Surabaya maupun Banyuwangi," ucapnya.

Sejak tahun ajaran 2014/2015, Unair telah membuka empat prodi di Banyuwangi yakni Budi Daya Perairan, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, dan Akuntansi. Kuota setiap prodi mencapai 50 mahasiswa lewat SBMPTN.

"Untuk S2, sesuai kesepakatan dengan Pak Bupati, kami akan membuka tiga prodi yang masing-masing 20 mahasiswa, sehingga birokrat di Banyuwangi tidak perlu ambil S2 di luar Banyuwangi," ujarnya.

Rencananya, prodi S2 yang akan dibuka mulai tahun ajaran 2016/2017 ada tiga prodi yakni kebijakan publik, hukum, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Jadwal pendaftaran diperkirakan mulai September 2016.

Dalam kesempatan itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku pihaknya serius menjalin kerja sama dengan Unair, karena sumber daya manusia itu merupakan kunci dalam meningkatkan daya saing.

"Ekonomi itu penting, tapi sumber daya manusia itu juga penting, karena itu siapapun Bupati Banyuwangi, maka kebijakan ekonomi boleh berganti, tapi pengembangan sumber daya manusia harus konsisten," katanya. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016