Surabaya (Antara Jatim) - Sekitar 1.600 warga Sumenep yang berada di tiga kecamatan setempat memaanfaatkan pengobatan gratis yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur bekerja sama dengan Pundi Amal Surya Citra Televisi selama tiga hari, 7-9 Maret 2016.

"Selama tiga hari, masyarakat yang memeriksakan kesehatannya sangat tinggi," ujar Koordinator Bidang Kesehatan Pundi Amal, Windry Prasetyarini, dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Rabu.

Tiga kecamatan yang warganya mendapat kesempatan pengobatan gratis yakni Kecamatan Lenteng yang diikuti sekitar 500 warga, Senin (7/3), sebanyak 537 warga Kecamatan Kota, serta 580 warga Kecamatan Batang-Batang pada hari ketiga.

Meski banyak dari sisi jumlah warga yang berobat, kata dia, yang terpenting adalah pengetahuan terkait kesehatan untuk masyarakat setempat dapat terbantu.

"Tidak hanya pengobatan kesehatan umum, warga juga mendapat kesempatan memeriksakan giginya tanpa dipungut biaya apapun," ucapnya.

Ia mengatakan, dari tiga hari pelaksanaan, mayoritas warga menderita diabet, asam urat, darah tinggi dan badan pegal.

Pihaknya sendiri menyiapkan tim dokter terdiri dari tiga dokter umum, dua dokter gigi, apoteker, paramedis, serta obat-obatan dan multivitamin.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian tersebut dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2016 dan menjadi agenda rutin penyelenggaraan bakti sosial untuk mendekatkan pers ke publik dan berkontribusi bagi masyarakat secara luas.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jatim Ainurohim mengatakan, di setiap bakti sosial, masyarakat mulai dari anak, remaja sampai para lanjut usia terlihat antusias memeriksakan kesehatannya.

"Pemeriksaan kesehatan maupun pengobatan secara cuma-cuma ini sangat bermanfaat dan semoga membantu warga. Terima kasih kepada warga Sumenep yang telah selama tiga hari ini berpartisipasi," katanya didampingi koordinator Seksi Bakti Sosial Syaiful Anam. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016