Madiun (Antara Jatim) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menargetkan 95 persen dari sekitar 12.700-an balita yang terdaftar sebagai sasaran Pekan Imunisasi Nasional Polio (PIN Polio) untuk mendapatkan haknya diimunisasi. 

"Pada pelaksanaan nanti kalau bisa mencapai 95 persen. Inginnya bisa mencapai 100 persen dari daftar yang ada," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Madiun Agung Sulistya Wardani, kepada wartawan, Selasa. 

Menurut dia, agar bisa menyasar hingga 95 persen, pihaknya gencar melakukan sosialisasi hingga ke tingkat kelurahan dan rukun tetangga dengan melibatkan kader posyandu maupun dari unsur PKK. 

"Kami terus mengingatkan kepada para ibu agar membawa anaknya ke posyandu ataupun puskesmas untuk mendapatkan imunisasi yang penting bagi kesehatan," kata dia. 

Selain rajin melakukan sosialisasi, pihaknya juga akan melakukan "jemput bola" dengan melakukan pelayanan PIN Polio di sejumlah tempat fasilitas umum. Seperti mal, pasar, dan tempat umum lainnya. 

Nantinya, tim Dinkes akan membuka posko pelayanan PIN Polio di sejumlah tempat fasilitas umum yang telah ditentukan. Di antaranya di Pasar Besar Madiun dan sejumlah mal yang ada di Kota Madiun.

Tujuan dari pendirian posko PIN Polio di tempat fasilitas umum tersebut adalah untuk melayani pemberian imunisasi bagi ibu yang tidak sempat membawa anaknya ke posandu ataupun puskesmas.

Wardani menjelaskan, pemberian imunisasi polio sangat penting bagi kesehatan anak. Hal itu untuk mencegah si anak terjangkit penyakit polio.

Pihaknya mengklaim wilayah Kota Madiun telah terbebas dari polio sejak lima tahun terakhir. Hal itu seiring dengan kerja keras yang dilakukan timnya dalam mengajak para ibu untuk datang ke posyandu pada saat PIN Polio di tahun-tahun sebelumnya.

Pihaknya juga intensif memantau adanya kasus lumpuh sebagai gejala awal yang dapat menjurus ke penyakit polio di seluruh kelurahan yang ada di Kota Madiun. Pemantauan dilakukan dengan melibatkan petugas dari puskesmas maupun kader-kader kesehatan di tingkat kelurahan dan RT. 

Sesuai rencana, PIN Polio akan digelar secara nasional pada tanggal 8 hingga 15 Maret 2016. Imunisasi tersebut menyasar anak-anak usia 0 bulan hingga 59 bulan. (*)


Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016