Jember (Antara Jatim) - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM Kabupaten Jember, Ahmad Sudiyono, mengatakan kantong plastik berbayar sudah diterapkan di sejumlah toko modern berjaringan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kami sudah memantau sejumlah toko modern berjaringan seperti Alfamart dan Indomaret, ternyata kedua toko modern berjaringan itu sudah menerapkan kantong plastik berbayar," kata Ahmad di Jember, Senin.

Menurutnya, pihak Disperindag menanyakan dasar hukum atas kebijakan kantong plastik berbayar yang dibebankan kepada konsumen tersebut, namun pihak toko menyatakan kebijakan itu sudah diinstruksikan dari pusat.

"Kami masih menunggu surat acuan dari toko modern berjaringan itu, namun untuk sejumlah toko modern dan pasar modern di Jember sejauh ini belum menerapkan kantong plastik berbayar," tuturnya.

Disperindag Jember, lanjut dia, mengimbau penerapan kantong plastik berbayar tersebut harus disosialisasikan terlebih dahulu kepada konsumen dan tidak secara tiba-tiba diterapkan, agar masyarakat bisa memahami hal tersebut.

"Kalau tiba-tiba diterapkan tanpa ada sosialisasi, tentu akan merugikan masyarakat, sehingga kami akan melakukan koordinasi terkait dengan kebijakan kantong plastik berbayar tersebut," katanya. 

Pantauan di lapangan, petugas kasir di salah satu toko modern berjaringan menawarkan kantong plastik berbayar tersebut kepada konsumen seharga Rp200 untuk setiap kantong plastik yang digunakan konsumen dalam membungkus sejumlah barang belanjaan.

"Kami sampaikan kepada konsumen bahwa kantong plastik yang digunakan saat ini harus dibayar sebesar Rp200, sehingga konsumen tahu kalau ada kebijakan kantong plastik berbayar," kata salah seorang kasir di salah satu toko jaringan di Jember, Rita.

Ia mengatakan sebagian pembeli sudah membawa tas belanja atau kantong plastik sendiri saat berbelanja, sehingga penggunaan kantong plastik juga berkurang.

Sementara di salah satu pusat perbelanjaan di Golden Market Jember belum menerapkan kantong plastik berbayar, namun beberapa konsumen sudah membawa tas belanja sendiri untuk memasukkan barang belanjaan.

"Sampai saat ini masih gratis kantong plastik di Golden Market, namun kami tidak tahu kapan kebijakan kantong plastik berbayar diterapkan. Ada sebagian pembeli yang sudah membawa kantong belanja sendiri," kata salah seorang kasir di Golden Market yang enggan disebutkan namanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016