Jember (Antara Jatim) - Perjalanan sejumlah rangkaian kereta api di wilayah Daerah Operasi IX Jember masih terganggu akibat banjir menggenangi rel kereta api di Jalan Raya Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu.

"Banjir masih menggenangi rel kereta api di kawasan Porong hingga hari ini, bahkan ketinggiannya sudah mencapai 58 centimeter dari atas rel," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IX, Krisbiantoro, di Jember.

Beberapa kereta Daop IX Jember yang terdampak banjir Porong yakni KA Mutiara Timur siang dan malam jurusan Banyuwangi-Surabaya, KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta, KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya.

"Jalur rel kereta di Porong yang terendam banjir setinggi 58 cm tidak bisa dilalui oleh sejumlah rangkaian kereta api dari wilayah Daop IX Jember," tuturnya.

Menurutnya, perjalanan KA Mutiara Timur dan KA Probowangi dengan tujuan akhir Surabaya tetap menggunakan sistem "operstapen" dengan bus dari Stasiun Bangil menuju ke Stasiun Gubeng Surabaya.

"Kedua kereta itu berhenti di Stasiun Bangil, kemudian petugas memindahkan penumpang kereta dengan menggunakan angkutan bus menuju ke Surabaya, begitu juga sebaliknya," tuturnya.

Sedangkan untuk KA Logawa dan KA Sritanjung, dialihkan memutar dengan jarak tempuh yang cukup jauh untuk menghindari banjir di Jalan raya Porong yakni melalui rute Bangil-Malang-Kediri-Kertosono-Surabaya.

"Dengan pengalihan rute perjalanan kereta dan sistem "overstappen" tersebut, maka waktu tempuh perjalanan sejumlah kereta api bertambah dan mengalami keterlambatan tiba di sejumlah stasiun tujuan," paparnya.

Krisbiantoro menjelaskan banjir yang menggenangi rel kereta di kawasan Porong tersebut memengaruhi jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api di wilayah Daop IX sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi.

"Jelas berpengaruh terhadap jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api, namun kami belum bisa memastikan berapa persen penurunan jumlah penumpang akibat banjir Porong tersebut," katanya.
 
PT KAI Daop IX Jember juga menyiagakan kereta cadangan untuk KA Mutiara Timur dengan rangkaian dua kereta eksekutif, satu kereta bisnis, dan satu kereta makan terkait kondisi banjir di kawasan Porong tersebut.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016