Tulungagung (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Tulungagung kembali meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2015 dengan nilai akreditasi B, dan menjadi terbaik ketiga se-Jawa Timur.
    
"Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Crisnandi di gedung Grahadi Surabaya, Jumat (5/2) lalu," ungkap Kepala Bagian Organisasi Pemkab Tulungagung, Imroatul Mufida di Tulungagung, Selasa.
    
Ia mengklaim, nilai dan peringkat SAKIP untuk Pemkab Tulungagung pada kurun 2015 jauh lebih baik dibanding prestasi yang sama pada 2014.
    
"Dulu peringkat 13, sekarang peringkat tiga. Tulungagung menjadi percontohan dalam kinerja pemerintahan dan Tulungagung dianggap sukses oleh Menpan-RB," katanya.
    
Dikatakan Imroatul, penghargaan SAKIP bisa menjadi tolak-ukur akuntabilitas kinerja Pemkab Tulungagung sudah akuntabel.
    
"Nilai B berarti akuntabilitas kinerja pemkab dinilai sudah baik, memiliki sistem yang dapat digunakan untuk manajemen kinerja," ujarnya.
    
Ia melanjutkan, evaluasi dan penilaian SAKIP suatu darah terdiri dari lima komponen kinerja.
    
Kelima variabel itu di antaranya perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal, dan capaian kinerja.
    
Dasar aturan berkaitan dengan SAKIP menurut Imroatul, yakni Permenpan-RB Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
    
"Dasar lain yakni Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah," terangnya.
    
Untuk pencapaian prestasi itu, Pemkab Tulungagung banyak melakukan langkah terobosan, seperti bimbingan teknologi (bimtek), penyelarasan dokumen perencanaan, dan keterkaitan visi-misi bupati dengan para pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
    
"Bupati juga memaparkan sukses 'story' SAKIP di Tulungagung disaksikan langsung Menpan-RB dan seluruh kepala daerah serta wali kota tingkat Jatim dan Sulawesi," kata Imroatul.(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016