Ngawi, (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur menetapkan pasangan petahana, Budi Sulistyono dan Ony Anwar (OK) sebagai pemenang dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) setempat yang dilakukan pada 9 Desember lalu.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Syamsul Wathoni di Ngawi, Selasa, mengatakan penetapan pasangan OK sebagai pemenang dalam Pilkada Kabupaten Ngawi 2015 tersebut, berdasarkan hasil rekapitulasi suara secara final yang dilakukan oleh KPU setempat.

"Selain itu, penetapan pasangan OK sebagai pemenang Pilkada Ngawi, juga berdasarkan hasil koordinasi dengan MK, setelah tidak ada gugatan pilkada yang masuk ke KPU setempat," ujar Syamsul Wathoni kepada wartawan.

Hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten diketahui pasangan petahana Budi Sulistyono dan Ony Anwar (OK) unggul dengan meraih 454.041 suara atau 87,65 persen dalam Pilkada Ngawi.

Sedangkan kompetitornya, pasangan Agus Bandono dan Adi Susila (ABAS) dari jalur perseorangan mendapatkan 63.958 suara atau 12,35 persen.

Pihaknya selaku peyelenggara pilkada, bersyukur Pilkada Ngawi dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat diterima oleh semua pihak, terlebih tim dari kedua pasangan calon. Hal itu terbukti dengan tidak adanya gugatan hasil pilkada yang masuk ke MK.

Sementara, bupati terpilih Budi Sulistyono mengaku cukup puas dengan perolehan suara dan jalannya proses Pilkada Ngawi 2015. Ia berjanji akan menjaga kepercayaan yang diberikan masyarakat Ngawi kepadanya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada warga Ngawi yang telah memercayakan hak suaranya kepada pasangan OK. Kami siap melanjutkan tugas dan memimpin Kabupaten Ngawi untuk periode 2016-2021 untuk kesejahteraan yang lebih baik lagi," ucap Budi Sulistyono.

Penetapan pasangan calon terpilih merupakan puncak atau ujung dari tahapan Pilkada Ngawi. Adapun, pelantikan pasangan Budi Sulistyono dan Ony Anwar sebagai Bupati dan wakil Bupati Ngawi periode 2016-2021 direncanakan berlangsung pada Maret tahun depan.(*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015