Surabaya (Antara Jatim) - Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya) menyatakan kesiapannya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan membuka Pusat Pendidikan Terapan dan Sertifikasi (PETSI). 

"Bersamaan dengan pembukaan PETSI, ratusan mahasiswa membuat deklarasi MEA 2015: Siapa Takut!! yang diwujudkan dalam  bentuk formasi mahasiswa membentuk tulisan tersebut," kata
Direktur Politeknik Ubaya, Ir. Benny Lianto Effendy Sabema, M.M.B.A.T di lapangan basket Politeknik Ubaya, Jumat.

Politeknik Ubaya, lanjutnya dinilai sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi terbaik di Jawa Timur versi Kopertis VII, sehingga pihaknya melihat peluang MEA supaya harus dihadapi pada era pasar tunggal.

"Bentuk konkrit partisipasi Politeknik Ubaya dalam mendukung pemerintah mempersiapkan masyarakat menghadapi MEA dengan membuka PETSI yang akan berupa one stop training atau berbentuk Super Market Sertifikasi," ujarnya.

Ia mengatakan, one stop training atau super market sertifikasi yang dimaksudkan adalah pihaknya ingin melayani semua kebutuhan sertifikasi di bidang apapun, seperti layaknya super market yang memenuhi semua kebutuhan pelanggan.

Tujuan utama pembentukan PETSI, tambahnya adalah memperbaiki kualitas sumber daya manusia yang ada dengan meningkatkan daya saing dan ketrampilan kerja berstandar internasional. Program sertiifikasi standar internasional di PETSI, antara lain dalam bidang Bahasa Inggris (TOEIC), pemasaran, hotel dan pariwisata, Akuntansi, Perpajakan, Adminsitrasi bisnis, sekretaris, dan computer.

“Melalui deklarasi ini, kami ingin mengirim pesan kepada masyarakat, khususnya Surabaya agar jangan melihat MEA sebagai suatu ancaman dan menimbulkan ketakutan yang berlebihan, Jadi dengan dibukanya PETSI warga Surabaya maupun Jawa Timur bisa semakin siap menghadapi persaingan bebas," paparnya.

Menurut dia, pada bulan November lalu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) telah menyertifikasi 100 orang di bidang akuntansi yang diikuti oleh pihak profesional maupun umum.

"Untuk ke depannya kami juga akan membuka sertifikasi di bidang multimedia dan desain grafis, karena tren saat ini mengarah ke sana, terlihat pasar online yang mulai menjamur," tandasnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015