Sumenep (Antara Jatim) - Hitung internal yang dilakukan tim dari pasangan Zainal Abidin-Dewi Khalifah (Eva) menunjukkan perolehan suara pasangan nomor urut 2 pada Pilkada Sumenep 2015 itu meraih 52,7 persen.

"Kami memang memiliki tim sendiri di luar tim pemenangan yang dibentuk partai politik (parpol) pengusung dan lembaga survei yang bekerja sama dengan kami. Hasil hitung tim internal tersebut, kami meraih 52,7 persen suara," ujar Zainal di Sumenep, Jawa Timur, Rabu malam.

Pilkada Sumenep 2015 yang digelar pada Rabu ini diikuti oleh dua pasangan, yakni A Busyro Karim-A Fauzi di nomor urut 1 (satu) dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah di nomor urut 2 (dua).

"Sementara pasangan nomor urut 1 meraih 47,3 persen suara. Sekali lagi, itu sesuai hasil hitung dari tim internal kami berdasar hasil perolehan suara di semua TPS," kata Zainal, menerangkan.

Ia menjelaskan, pihaknya telah meminta para pendukungnya untuk mengamankan perolehan suara tersebut guna menghindari hal-hal tak diinginkan.

"Perolehan suara dalam sebuah pilkada itu merupakan amanat rakyat dan tentunya harus diamankan oleh kami supaya tidak berubah. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan warga Sumenep melalui proses pemungutan suara pada Rabu ini," ucapnya.

Zainal juga mengemukakan, hasil perolehan suara yang resmi dalam sebuah pilkada dan selanjutnya diakui oleh negara adalah hasi penghitungan suara yang dilakukan KPU.

"Kami tetap akan menunggu proses penghitungan suara yang akan dilakukan KPU Sumenep sekaligus berusaha mengamankan amanat rakyat tersebut," katanya.

Sementara hasil hitung internal yang dilakukan tim pemenangan Busyro-Fauzi menunjukkan pasangan nomor urut 1 itu unggul dengan selisih 12.202 suara.

"Sesuai hasil laporan dari tim kami di lapangan berdasar hasil perolehan suara di 2.400 TPS, pasangan calon kami memang unggul dibanding pasangan nomor urut 2," kata Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Busyro-Fauzi, Rusmaidi.

Ia juga memastikan perolehan suara yang dilaporkan timnya itu berbasis perolehan suara di 2.400 TPS.

"Laporan dari tim kami yang bertugas di 2.400 TPS itu sudah masuk secara keseluruhan. Saat ini, kami tinggal merapikan laporan tersebut menjadi per desa dan kecamatan," ujarnya.

Sesuai data di KPU Sumenep, jumlah warga yang tercatat sebagai calon pemilih pilkada dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan DPT tambahan 1, sebanyak 903.822 orang.

Sementara jumlah TPS Pilkada Sumenep 2015 sebanyak 2.400 TPS yang tersebar di 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015