Sumenep (Antara Jatim) - Para pejabat yang tergabung dalam Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggelar rapat koordinasi untuk membahas kesiapan pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat.

"Kami mengundang para pihak terkait langsung dengan Pilkada Sumenep. Alhamdulillah, semuanya dalam kondisi siap untuk menyukseskan pilkada sesuai tugas dan fungsinya masing-masing," kata Penjabat Bupati Sumenep, Sudarmawan di Sumenep, Rabu.

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri pimpinan KPU dan Panwaskab Pilkada Sumenep serta sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) itu, terdapat dua hal yang menjadi pokok pembicaraan.

Dua hal tersebut adalah distribusi logistik pilkada ke wilayah kepulauan dan ketersediaan aliran listrik selama masa pemungutan dan penghitungan surat suara pilkada.

"Alhamdulillah, sesuai pemaparan pimpinan KPU Sumenep, distribusi logistik pilkada ke sebagian PPK di wilayah kepulauan sudah dilakukan dengan menggunakan sarana transportasi laut reguler atau kapal motor penumpang atau perahu yang biasa beroperasi di Perairan Sumenep dan sekitarnya," kata Sudarmawan.

Selain itu, pimpinan KPU Sumenep juga telah menyiapkan opsi jalur udara (menggunakan helikopter) untuk mendistribusikan logistik pilkada ke wilayah kepulauan, ketika kondisi cuaca laut dinyatakan buruk dan terjadi penundaan pemberangkatan kapal/perahu.

"Sementara untuk ketersediaan aliran listrik selama masa pemungutan dan penghitungan surat suara pilkada, sudah ada kesanggupan dari manajemen PLN Sumenep. Mereka siap bekerja maksimal untuk memastikan tidak ada kasus listrik padam selama masa pemungutan dan penghitungan surat suara pilkada," ucapnya.

Sudarmawan juga berharap warga Sumenep menggunakan hak pilih sekaligus berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pilkada yang aman, damai, dan berkualitas.

Para pejabat Forpimda Sumenep hadir dalam rapat koordinasi tersebut, di antaranya Ketua DPRD Sumenep, Herman Dali Kusuma dan Komandan Kodim 0827, Letkol (Inf) Permadi Azhari.

Pilkada Sumenep 2015 yang akan digelar pada 9 Desember diikuti oleh dua pasangan, yakni A Busyro Karim-A Fauzi di nomor urut 1 (satu) dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah di nomor urut 2 (dua). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015