Kediri (Antara Jatim) - Sebanyak 1.125 personel dari Polres Kediri serta Polres Kediri Kota, Jawa Timur, diterjunkan untuk pengamanan serta menjaga logistik untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Kediri, yang digelar serentak, 9 Desember 2015.

"Selama proses perjalanan dan pendistribusian logistik tersebut, kami libatkan personel untuk berjaga," kata Kepala Polres Kediri AKBP Yusuf Gunawan di Kediri, Senin.

Kapolres yang ditemui saat apel pengamanan pendistribusian logistik pilkada itu mengatakan, jumlah personel yang diturunkan untuk pengamanan serta penjagaan logistik itu 1.125 personel, yang terdiri dari 725 personel dari Polres Kediri, sementara sisanya dari Polres Kediri Kota. Untuk wilayah Kabupaten Kediri, sejumlah kecamatan menjadi wilayah hukum Polres Kediri Kota.

Selain dari polisi, Kapolres juga mengatakan dalam pengamanan itu juga melibatkan dari TNI. Mereka berjaga di KPU maupun kantor panitia pengawas pemilu (panwaslu). Anggota TNI itu sudah berjaga sejak H-15 pilkada.

"Kami juga dapat bantuan personel dari daerah lain, yaitu Nganjuk dan Jombang. Untuk sniper, kami juga siapkan, dan apabila dibutuhkan akan digerakkan," katanya.

Namun, ia menegaskan pilkada di Kabupaten Kediri cenderung aman serta relatif kondusif. Hal itu juga sudah melalui berbagai tahapan pengamatan yang dilakukan oleh tim intelijen.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo mengatakan pendistribusian itu memang dilakukan setelah semua logistik pilkada selesai dikemas.

Seluruh logistik itu akan dikirim ke masing-masing kecamatan. PPK (panitia pemilihan kecamatan) melakukan pengambilan logistik sesuai dengan wilayah masing-masing serta jumlah yang sudah disiapkan. Proses pengambilan logistik dilakukan masing-masing PPK, lalu ditempatkan di kantor yang aman serta mudah dalam pengawasan. Logistik akan disimpan, hingga sehari sebelum pilkada didistribusikan  ke masing-masing desa dan tempat pemungutan suara (TPS). 

"PPK mengambil sesuai dengan jumlah dalam penghitungan di hari sebelumnya. Seluruh logistik termasuk formulir dan sampul juga sudah diambil," ujarnya.

Untuk hari ini, Sapta mengatakan khusus untuk pendistribusian surat suara. Secara jumlah, surat suara di Kabupaten Kediri adalah sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yaitu 1.207.704 pemilih ditambah 2,5 persen surat suara sebagai cadangan. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015