Gresik, (Antara Jatim) - Sebanyak 76 ribu surat suara khusus wilayah Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, telah terdistribusi ke pulau tersebut, sebagai upaya memprioritaskan wilayah kepulauan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, Elvita Yuliaty, Minggu mengatakan distribusi surat suara ke Pulau Bawean dikirim menggunakan kapal Gili Iyang dari pelabuhan Gresik.
     
"Pengiriman surat suara ke Pulau Bawean telah dilakukan kamrin malam, dan sudah terdistribusikan ke wilayah itu," ucap Elvita di Kabupaten Gresik.
     
Ia mengaku, distribusi surat suara ke Pulau Bawean dilakukan dengan pengawalan ketat menggunakan sejumlah personil dari kepolisian resor Kabupaten Gresik.
     
Terkait jumlah surat suara, Elvita mengaku telah disesuaikan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dua kecamatan pulau tersebut, yakni Sangkapura dan Tambak.
     
Untuk data surat suara di Kecamatan Sangkapura mencapai 49.075 ribu, kemudian di Kecamatan Tambak mencapai 25.522 ribu ditambah 2,5 persen. Sehingga totalnya sekitar 76 ribu.
     
Sementara itu, pelaksanaan Pilkada Gresik diikuti tiga pasangan calon yakni nomor urut satu Sambari Halim Radianto dan Mohammad Qosim yang diusung PKB dan Partai Demokrat.
        
Nomor urut dua Husnul Khuluq dan Ahmad Rubaie yang diusung koalisi PDIP, PAN dan Partai Gerindra, serta nomor urut tiga Ahmad Nur Hamim-Junaidi yang diusung Partai Golkar.
         
Untuk jumlah pemilih di Kabupaten Gresik pada pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung 9 Desember 2015 tercatat sesuai dengan DPT mencapai 921.440 orang.(*)





Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015