Madiun (Antara Jatim) - Seorang pelajar tewas akibat tenggelam di Dam Segaran (Dam Cao) yang berada di Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (22/11) sore dan saat ini kasusnya ditangani  Polres Madiun. 
     
Kapolsek Wungu, AKP Logos Bintoro, Senin, di Madiun, mengatakan, korban adalah Danang Handika Candra Agatama (16), yang merupakan pelajar kelas 10 SMK Negeri 1 Kota Madiun.
     
"Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu, 22 November, sore. Jasad korban berhasil ditemukan tidak jauh dari titik tenggelam," ujar AKP Logos kepada wartawan.
    
Menurut dia, korban berhasil ditemukan petugas gabungan Polres Madiun dan BPBD Kabupaten Madiun sekitar dua jam setelah dilaporkan tenggelam. 
    
Untuk mencari korban, petugas terpaksa menguras dam agar ketinggian airnya berkurang. Korban yang merupakan warga Jalan Janur Sari, Kelurahan Manisrejo, Kota Madiun tersebut ditemukan dalam keadaan tewas di dasar dam.
     
Setelah berhasil dievakuasi, jasad korban lalu dibawa ke kamar jenazah RSUD dr Soedono Madiun untuk dilakukan visum.
     
Berdasarkan keterangan saksi, peristiwa tersebut terjadi saat korban bersama sembilan orang temannya mampir ke Dam Cao setelah piknik ke Taman Wana Wisata Grape, Wungu, Kabupaten Madiun.
     
Di lokasi tersebut, korban lalu mengajak dua temanya untuk berenang. Diduga tidak mahir berenang dan tidak mengetahui kondisi dam, korban lalu tenggelam. 
     
Korban sempat meminta tolong dan berusaha menarik kaki seorang temannya yang lain, namun akhirnya korban tak tertolong lagi. 
     
Setelah proses visum, jasad korban lalu diserahkan ke pihak keluarga untuk segera dimakamkan di pemakaman umum sekitar rumah. 
     
Sementara, petugas BPBD Kabupaten Madiun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat bermain di dam, waduk, sungai, ataupun tempat air lainnya saat musim hujan. Selain volume air bertambah, kondisi licin dan ketidakmahiran berenang patut diwaspadai dan diperhatikan. (*)
     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015