Jember (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, menambah jumlah personel dalam pengamanan debat kandidat tahap kedua yang digelar Komisi Pemilihan Umum kabupaten setempat, Sabtu malam.
 
"Ada penambahan sebanyak 50 personel dan sebelumnya pada debat kandidat tahap pertama kami siagakan sebanyak 300 personel, sehingga total sebanyak 350 personel disiagakan," kata Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif di Jember.

Menurutnya, Polres Jember memaksimalkan upaya untuk mengamankan berlangsungnya acara dengan melibatkan 1 kompi Brimob Polda Jatim, 1 Kompi Dalmas Sabhara, 1 Regu Satuan Intelkam, 2 peleton Satreskrim, dan 1 Peleton Anggota Staf Polres Jember.

"Kami juga mendapatkan bantuan 40 personel Kodim 0824 Jember yang disiagakan di lokasi kegiatan sejak pukul 17.00 WIB. Pengamanan hampir sama dengan debat kandidat tahap pertama, namun jumlah personel ditambah," tuturnya.

Sebanyak 700 lebih anggota Polres Jember dibantu dengan 1 kompi Brimob Polda Jatim dan jajaran anggota TNI melakukan pengamanan baik di lokasi debat kandidat yang berada di auditorium Hotel Cempaka Hill dan nonton bareng di masing-masing kantor kecamatan, termasuk bhabinkamtibmas dan babinsa disiapkan untuk memantau situasi di wilayah masing masing.

"Seluruh undangan juga diperiksa saat memasuki ruangan debat kandidat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga diharapkan acara debat calon Bupati dan Wakil Bupati Jember berjalan lancar," katanya.

Polres Jember, lanjut dia, mengimbau para pendukung masing-masing calon untuk lebih tertib saat menyaksikan debat kandidat pada tahap kedua di aula Hotel Cempaka Hill.

"Kami melarang pendukung untuk meneriakkan yel-yel karena dapat mengganggu konsentrasi para calon Bupati dan Wakil Bupati Jember saat menyampaikan visi-misinya dan teriakan yel-yel itu juga mengganggu undangan yang lain," ucap mantan Kapolres Bondowoso itu.

Sementara Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi, mengatakan debat kandidat tersebut tetap dibagi dalam enam sesi dengan moderator dari akademisi Institut Agama Islam Negeri (STAIN) Jember, Nur Solihin.

"Kami berharap masing-masing pasangan calon memberikan pemaparan yang terbaik dalam visi-misinya sesuai dengan tema yang diangkat pada debat kandidat tahap kedua yakni 'Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Menyelesaikan Permasalahan Daerah'," tuturnya.

Pilkada Jember diikuti oleh dua pasangan calon kepala daerah yakni pasangan cabup-cawabup Sugiarto-Dwi Koryanto dengan nomor urut satu dan pasangan cabup-cawabup Faida-Abdul Muqit Arief dengan nomor urut dua.(*)  

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015