Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengimbau mahasiswa di Indonesia jangan hanya menguasai keahlian akademik, namun juga memiliki keterampilan dasar lainnya atau "soft skill".

"Di era perkembangan zaman seperti saat ini, mahasiswa jangan hanya mengandalkan keahlian utama, tapi juga keahlian dasar lain," ujarnya saat membuka Olimpiade Psikologi ke-3 di Universitas Hang Tuah Surabaya, Jum'at.

Menurut wagub yang akrab disapa Gus Ipul itu, keahlian dasar harus dimiliki juga dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai bergulir akhir 2015.

"Persaingan dunia kerja akan lebih ketat sehingga saya harap kalian memiliki keterampilan lain yang bisa menjadi nilai tambah," katanya di hadapan 670 mahasiswa psikologi dari 34 perguruan tinggi se-Indonesia tersebut.

Terkait ilmu psikologi di tengah masyarakat sekarang, kata dia, penerapannya masih belum maksimal dan diharapkan para mahasiswa lulusannya dapat lebih memasyarakatkan ilmu psikologi.

"Ilmu ini sangat berkaitan dengan kehidupan dan perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, terlebih dalam proses pengambilan keputusan," kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut.

Ke depannya, lanjut dia, diharapkan lebih banyak lagi lembaga atau badan yang memasukkan unsur-unsur psikologis dalam pengambilan keputusan di semua level.

Sementara itu, pada kesempatan sama Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya Laksamana Muda TNI (Purn) Ir. Sudirman menyampaikan rasa bangganya karena Universitas Hang Tuah terpilih sebagai salah satu tuan rumah Olimpiade Psikologi.

"Semoga acara bertaraf nasional ini dapat bermanfaat dan hasilnya untuk kalangan bagi masyarakat luas," katanya.

Olimpiade ini merupakan agenda rutin dua tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) bekerjasama dengan 14 fakultas psikologi yang ada di Surabaya dan sekitarnya.

Olimpiade diselenggarakan pada 13-14 November di 12 universitas yang ada di Surabaya dan Sidoarjo dan mencakup 11 cabang lomba, yakni Psychoscience, Psychopaper, Psychoposter, Psychodebate, Psychotoys, Psychoinnovation, PsychosportChess, PsychosportFutsal, PsychoDrama, PsychoPhotography dan PsychoVoice. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015