Jember (Antara Jatim) - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menggelar pelatihan peningkatan program kreativitas mahasiswa bidang robotika di Kampus Politeknik Negeri Jember (Polije), Jawa Timur, Rabu.

Kepala Sub Direktorat Kreativitas dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek Dikti, Victoria Suhartini, mengatakan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang robotika.

"Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan robotika, agar dapat menarik minat mahasiswa, serta mengembangkan kreativitas mahasiswa tentang membuat robot," tuturnya di Jember.

Menurutnya, robot-robot karya mahasiswa di Indonesia sangat kreatif dan inovatif, sehingga mampu bersaing dalam kontes robot di tingkat nasional hingga internasional.

"Robot karya mahasiswa Polije juga sudah mengikuti kontes robot di tingkat regional maupun nasional, sehingga diharapkan dengan pelatihan ini ada inovasi baru untuk membuat robot," katanya.

Victoria berharap mahasiswa mampu menciptakan robot-robot yang bermanfaat bagi masyarakat dan mengembangkan teknologi melalui robotika.

Dalam pelatihan peningkatan program kreativitas mahasiswa bidang robotika di Polije diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Eks Keresidenan Besuki Raya meliputi Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Lumajang, dan Probolinggo.

Sementara salah seorang peserta Mirina Distiari mengaku sangat tertarik dengan dunia robotika, sehingga ingin menciptakan robot yang bisa digunakan oleh masyarakat luas.

"Pengenalan dunia robotika bagi mahasiswa sangat penting guna memopulerkan teknologi kreatif di kalangan generasi muda, sehingga bisa berkarya membuat robot yang bermanfaat bagi kegiatan sehari-hari," ucap mahasiswa Polije itu.

Tim robot Polije yang dinamai IRTONAS’64  dinobatkan sebagai tim robot dengan strategi terbaik yang diraih pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015 tingkat regional IV di Surabaya beberapa waktu lalu pada kategori Kontes Robot ABU (Asia-Pasific Broadcasting Union) Indonesia (KRAI). (*) 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015