Sumenep (Antara Jatim) - Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) Sumenep, Selasa, memperingati Hari Pahlawan di taman makam pahlawan (TMP) setempat di Kecamatan Kota.

"Kami sengaja menggelar serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Pahlawan di TMP Sumenep guna mengingatkan diri kami sendiri dan kader PMII STITA Sumenep atas jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI," kata Ketua PMII Komisariat STITA Sumenep, Khoirul Rosyidi di Sumenep, Jawa Timur, Selasa petang.

Serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Pahlawan yang digagas pengurus PMII Komisariat STITA Sumenep itu diawali dengan aksi bersih-bersih makam di TMP Sumenep pada Selasa sore.

Setelah sholat Maghrib, para kader PMII STITA Sumenep membaca surat Yasin secara bersama-sama dan dilanjutkan tahlil guna mendoakan para pahlawan yang telah gugur itu mendapat tempat layak di sisi Allah SWT.

Usai tahlil, kata dia, pihaknya akan menggelar refleksi Hari Pahlawan dengan berdiskusi bersama pengurus PMII Cabang Sumenep dan dilanjutkan dengan nonton bareng film "Soekarno".

"Refleksi dan nonton bareng itu merupakan cara kami untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada para kader PMII. Perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih yang dilakukan para pahlawan harus dimiliki para kader PMII sebagai generasi muda untuk mengisi kemerdekaan," ucapnya.

Rosyidi menjelaskan, PMII sebagai bagian dari elemen bangsa akan senantiasa melakukan pergerakan nyata untuk "membumikan" nilai-nilai kepahlawanan sebagaimana yang dilakukan para pejuang pada masa merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

"Tidak melupakan jasa para pahlawan merupakan kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Namun, kewajiban terpenting lainnya adalah memberikan manfaat yang sebesar-sebesarnya kepada bangsa dan negara tercinta sesuai bidang pekerjaan dan profesi masing-masing," katanya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015