Jember (Antara Jatim) - Jalur pendakian Pegunungan Hyang Argopuro (3.088 mdpl) masih ditutup karena terpantau sejumlah titik panas (hotspot) di kawasan pegunungan yang memiliki beberapa puncak tersebut.

"Hingga hari ini masih kami tutup karena terpantau titik panas, meskipun titik panas itu belum tentu terjadi kebakaran," kata Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur Wilayah III di Kabupaten Jember, Sunandar Trigunajasa, Minggu.

BKSDA menutup jalur pendakian Pegunungan Argopuro sejak 28 Oktober 2015 karena ada laporan kebakaran dari pendaki yang naik ke gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Probolinggo tersebut.

Bahkan, sempat dikabarkan sejumlah pendaki terjebak kebakaran tersebut, namun berhasil dievakuasi dengan menggunakan sepeda motor untuk turun menuju ke Pos Baderan Kabupaten Situbondo.

"Kami tidak akan menerbitkan izin untuk pendakian baik melalui Pos Bremi di Kabupaten Probolinggo maupun Pos Baderan di Kabupaten Situbondo karena dikhawatirkan ada titik api sewaktu-waktu yang bisa membahayakan keselamatan para pendaki," paparnya.

Sunandar mengaku tidak tahu pasti kapan jalur pendakian Argopuro dibuka karena pihaknya menunggu hingga kondisi benar-benar aman dan tidak lagi terpantau "hotspot" di lereng gunung yang memiliki ketinggian 3.088 mdpl itu.

"Sambil menunggu perkembangan di lapangan, sehingga belum bisa memutuskan kapan jalur pendakian Argopuro dibuka. Kalau sudah aman, maka BKSDA akan segera membuka jalur pendakian," katanya.

Ia menjelaskan titik api yang terpantau dari satelit BMKG belum tentu kebakaran karena petugas di lapangan sudah melakukan pengecekan di lokasi dan tidak ada kebakaran di lereng Argopuro.

"Pemantauan terus dilakukan karena cuaca kemarau yang ekstrem terjadi lebih panjang tahun ini, namun diperkirakan hujan akan turun pada November ini dan ancaman kebakaran dapat diminimalisir," ujarnya.
 
Pegunungan Argopuro memiliki banyak puncak dan beberapa puncaknya mempunyai struktur geologi tua dan sebagian yang lainnya lebih muda, puncak Argopuro berada pada ketinggian 3.088 mdpl. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015