Probolinggo (Antara Jatim) - Dana bantuan operasional sekolah (BOS) di Kabupaten Probolinggo untuk triwulan III akhirnya cair sebesar Rp23.862.450 untuk ratusan lembaga sekolah tingkat SD dan SMP di kabupaten setempat.

"Diharapkan cairnya dana BOS triwulan III itu bisa meningkatkan pelayanan pendidikan di sekolah, meskipun pencairannya agak terlambat dari jadwal yang ditentukan dan mudah-mudahan tidak mengganggu pelayanan pendidikan di sekolah," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Syamsul Huda, di Probolinggo, Sabtu.

Dana BOS sebesar Rp23.862.450 di Probolinggo itu diberikan kepada 836 lembaga pendidikan dengan total siswa sebanyak 111.765 siswa yang rinciannya sebanyak Rp16.315.200.000 untuk 81.576 siswa yang tersebar di 641 lembaga SD dan Rp7.547.250.000 untuk 30.189 siswa yang tersebar di 195 lembaga SMP.

"Dana BOS itu bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap biaya pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun," katanya.

Ia menjelaskan dana BOS tersebut digunakan untuk 13 item, sehingga lembaga pendidikan di tingkat SD/MI tidak boleh menarik sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP), namun pihak sekolah boleh menerima sumbangan dari wali murid asal bukan atas permintaan sekolah.

Dana BOS diperuntukkan pengembangan perpustakaan, kegiatan dalam PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), kegiatan pembelajaran dan ektrakurikuler, ulangan dan ujian, pembelian bahan habis pakai, langganan daya dan jasa, perawatan sekolah/rehabilitasi ringan.

Bantuan operasional sekolah juga diperuntukkan pembayaran honorarium guru honorer dan tenaga kependidikan honorer, pengembangan profesi guru, membantu peserta didik miskin, pembiayaan pengelolaan BOS, pembelian dan perawatan komputer dan biaya lain-lain asal berdasarkan kesepakatan rapat komite dan guru.

"Dana BOS itu bisa bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Probolinggo. Dana BOS digunakan sesuai dengan peruntukkannya dan harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegasnya.

Syamsul berharap  agar pelayanan pendidikan dasar semakin baik, sehingga proses pelayanan pendidikan bisa berjalan lancar dan baik karena sudah dibantu biaya dari pemerintah pusat melalui dana BOS.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015