Surabaya, (Antara Jatim) - Penyedia layanan data tercepat atau perusahaan internasional yang berpusat di New York, Amerika Serikat, Bloomberg melakukan penjajakan kerja sama dengan tiga perusahaan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yakni Platinum Keramik, Petrokimia Gresik dan PT Semen Indonesia.

Account Manager dan Spesialis Effect Bloomberg, Haumphrey Johandy Putra di Surabaya, Rabu mengatakan dengan penjajakan kerja sama diharapkan ke depan tiga perusahaan bisa menggunakan layanan data yang disediakan Bloomberg.

"Dengan aplikasi yang kita tawarkan, mereka diharapkan bisa membuat analisa lebih luas mengenai ekonomi, sebab aplikasi yang kita sediakan menyediakan kolaborasi data dari berbagai sektor ekonomi," ucapnya.

Ia mengatakan, selama ini tiga perusahaan yang dijajaki dalam kerja sama itu belum mempunyai penyedia layanan data, sehingga dengan adanya penjajakan diharapkan adanya kesepakatan kontrak dalam jangka panjang.

"Kita bisa memberikan data atau informasi yang terintegrasi dan saling terkoneksi yang sangat cocok untuk pelaku perbankan, pemerintahan, pelaku bisnis dan perusahaan," ujarnya.

Haumphrey menjelaskan, dari data yang ditawarkan Bloomberg perusahaan bisa membuat analisa serta mampu melindungi perusahaan dari adanya gejolak ekonomi.

"Bloomberg hadir dalam menghadapi tantangan ekonomi global dan membantu memahami perkembangan pasar atau pun informasi yang dibutuhkan masyarakat, karena menyediakan harga sejumlah komoditas di pasar mancanegara maupun lokal," imbuhnya.

Sementara itu, General Manager Of Group Finance PT Semen Indonesia, Mochamad Supriyadi mengaku layanan data yang ditawarkan Bloomberg sangat membantu perusahaan karena mampu memberikan peta dan analisa terkait kebijakan yang akan diambil.

"Layanan data yang ditawarkan Bloomberg sangat membantu, khususnya bagi perusahaan yang akan mengambil keputusan terkait valas, sebab mampu memberikan peta ekonomi di dunia, sehingga kita tidak akan salah mengambil langkah," ucapnya.

Supriyadi mengaku hingga saat ini PT Semen Indonesia masih terus mencoba beberapa aplikasi yang ditawarkan Bloomberg, agar ke depan  mampu menjalankan semua bentuk aplikasi yang ditawarkan.

"Saat ini kita masih dalam taraf percobaan atau penjajakan, dan memang sangat bagus, namun kita belum seluruhnya menguasainya," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015