Sidoarjo, (Antara Jatim) -  Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar pendidikan dan pelatihan jurnalistik untuk para pelajar.

Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Kissowo Sidi, Kamis, mengatakaan, kegiatan tersebut dapat memberikan kesempatan kepada pelajar untuk mengembangkan kemampuan jurnalistik media massa.

"Media massa memiliki peran strategis dalam pembangunan sebagai agen perubahan yang bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat dengan mamuat berita-berita yang berimbang," katanya saat membuka Diklat Junalistik kepada pelajar Sidoarjo di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengemukakan, dunia jurnalistik banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan media massa.

"Jurnalistik mampu mendorong kemajuan teknologi. Dunia jurnalistik juga banyak memberikan manfaat terutama untuk pengembangan kemampuan," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, dunia jurnalistik perlu dikenalkan sejak dini dan para pelajar perlu dikenalkan dan belajar tentang jurnalistik.

"Pelajar sebagai bagian dari kelompok terdidik harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan potensinya, salah satunya adalah dibidang tulis menulis," katanya.

Dalam kesempatan tersebut dirinya berharap peserta Diklat dapat memahami prinsip-prinsip dasar jurnalistik melalui ilmu yang diperoleh.

"Ia juga berharap nantinya para pelajar dapat berkontribusi di sekolah masing-masing dalam kerja-kerja jurnalistik," katanya.

Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sidoarjo Machmudi Alie, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan ketrampilan pelajar dalam bidang jurnalistik.

"Dalam Diklat tersebut diajarkan bagaimana cara meliput dan menulis berita yang baik," katanya.

Dirinya berharap, diklat jurnalistik kali ini dapat sebagai wadah peningkatan wawasan dan pengetahuan para pelajar mengenai dunia pers dan jurnalistik.

"Selain itu nantinya para peserta dapat memahami bagaimana menjalani profesi jurnalistik yang profesional," katanya.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, Dosen STIKOSA-AWS Surabaya Drs Zainal Arifin Emka Msi, wartawan harian Bhirawa Achmad Suprayogi, dan reporter Indosiar Hidayat Surya Abadi.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015