Sumenep (Antara Jatim) - Masa jabatan Bupati-Wakil Bupati Sumenep periode 2010-2015, A Busyro Karim-Soengkono Sidik, akan segera berakhir, yakni pada 25 Oktober 2015.

"Sesuai hasil rapat di Pemerintah Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu, pelantikan Penjabat Bupati Sumenep akan dilakukan pada 2 November 2015," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto di Sumenep, Kamis.

Ia menjelaskan, pelantikan Penjabat Bupati Sumenep oleh Gubernur Jawa Timur akan dilakukan di Gedung Grahadi Surabaya dan akan dihadiri oleh 50 orang yang diundang dalam kegiatan tersebut.

"Sejak beberapa hari lalu, kami di pemerintah daerah sudah menyiapkan segala sesuatunya yang terkait dengan rencana pelantikan Penjabat Bupati Sumenep di Gedung Grahadi Surabaya pada 2 November 2015," ujarnya.

Selama masa kekosongan bupati-wabup itu (26 Oktober-1 November 2015), kata dia, roda pemerintahan daerah di Sumenep akan dipimpin oleh pelaksana harian bupati.

"Sesuai Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur tertanggal 19 Oktober 2015, kami dalam kapasitas sebagai sekretaris daerah ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Bupati Sumenep selama masa kekosongan tersebut untuk melaksanakan tugas rutin," kata Atok, sapaan Hadi Soetarto.

Ia juga mengemukakan, pihaknya akan menggelar acara pelepasan secara resmi terhadap A Busyro Karim-Soengkono Sidik yang masa jabatannya sebagai Bupati-Wabup Sumenep akan berakhir pada 25 Oktober 2015.

"Kami bersama pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan mengantarkan bupati ke kediamannya di Kecamatan Gapura pada Jumat (23/10) dan wabup ke kediamannya di Kecamatan Kota pada Minggu (25/10)," ujarnya. 

A Busyro Karim-Soengkono Sidik yang merupakan pasangan calon terpilih hasil Pilkada Sumenep 2010 dilantik sebagai Bupati-Wabup Sumenep pada 26 Oktober 2010.

Sementara Pilkada Sumenep 2015 yang merupakan salah satu dari pelaksanaan pilkada serentak se-Indonesia pada tahun ini akan digelar pada 9 Desember 2015. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015