Sidoarjo (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Sidoarjo, Jawa Timur mendorong kepada insan media setempat untuk turut serta memberikan kenyamanan lingkungan masyarakat dengan menghasilkan produk berita yang kondusif.

Kepala Kepolisian Resor Sidoarjo Ajun Komisaris Besar Polisi Muh. Anwas Nasir, Kamis, mengatakan, salah satu peran serta dari rekan media untuk membantu kenyamanan dan kesejukan lingkungan adalah dengan memberikan berita yang kondusif kepada warga masyarakat.

"Dengan adanya pemberitaan yang kondusif, maka kenyamanan dan ketenangan di lingkungan warga masyarakat bisa terwujud," katanya saat temu media di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, saat ini masyarakat sering disuguhi oleh berita-berita yang kurang seimbang sehingga rawan menimbulkan gejolak di masyarakat.

"Oleh karena itu, peran serta wartawan untuk memberikan berita yang kondusif guna meredam gejolak yang ada di masyarakat tersebut," katanya.

Ia mengatakan, petugas kepolisian juga tidak bisa berdiri sendirian tanpa adanya mitra dari wartawan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

"Begitu juga dengan wartawan yang membutuhkan mitra kepolisian untuk mendukung tugasnya sehari-hari. Oleh karena itu, marillah bersama-sama untuk membangun Kabupaten Sidoarjo ini menjadi lebih baik," kata perwira yang baru menjabat sebagai Kapolres Sidoarjo ini.

Ia mengatakan, wartawan saat ini juga dituntut untuk lebih profesional dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sehari-hari sebagai insan pers.

"Karena kalau tidak profesional dan tidak memiliki kompetensi maka otomatis akan tergilas oleh zaman menyusul wartawan saat ini harus benar-benar berkualitas," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas), Hidayat Surya Abadi mengatakan, selama ini kerja sama yang terjalin antara Polres Sidoarjo dan Forwas sudah terjalin dengan baik.

"Sebagai mitra tidak hanya sebatas tugas peliputan berita, melainkan berbagai kegiatan lainnya seperti bakti sosial juga sudah pernah dilaksanakan dengan baik dan harus terus ditingkatkan," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015