Banyuwangi (Antara Jatim) - Gelaran Banyuwangi Festival 2015 akan dilengkapi dengan kegiatan reliji, yakni shalawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Stadion Diponegoro, Jumat, 2 Oktober 2015.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Kamis menjelaskan kegiatan itu sekaligus sebagai puncak Festival Santri yang telah digelar sebelumnya pada 25-26 September.

Sepanjang tahun 2015, Kabupaten Banyuwangi telah menggelar puluhan kegiatan pariwisata  (event tourism) bertemakan seni, budaya, olahraga dan pariwisata.

Untuk aktivitas religi menghadirkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, ulama asal Solo, yang melakukan syiar dakwah melalui shalawat.

Gelaran reliji dalam Banyuwangi Festival tahun-tahun sebelumnya telah menghadirkan sejumlah ulama kondang Indonesia, mulai dari Quraish Shihab, KH Yusuf Mansur, Ary Ginanjar, hingga Abdullah Gymnastiar.

"Kali ini kita ingin merefresh kembali kalbu kita melalui sentuhan rohani yang menyejukkan. Banyuwangi Festival yang hadir dengan shalawat bersama Habib Syech, kami harapkan membawa semangat baru bagi kita semua dalam membangun daerah. Selain juga tentunya memperkaya pengalaman religi  bagi masyarakat Banyuwangi," kata Anas.

Habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf sendiri merupakan ulama yang konsisten melakukan dakwah melalui shalawat selain memberikan tausiah seperti ulama lain pada umumnya. Beliau membawakan shalawat dengan syair-syair yang berisi puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW dengan irama yang indah dan bisa diterima oleh semua kalangan.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Banyuwangi Nurul Cholili mengatakan kegiatan reliji bersama Habib Syeh ini terbuka untuk umum. Masyarakat Banyuwangi dipersilahkan datang langsung ke Stadion Diponegoro pada Jumat, 2 Oktober, mulai pukul 19.00 WIB.

"Acara ini boleh diikuti oleh siapa saja. Untuk menghindari kemacetan dan penuhnya lokasi kami sarankan bisa datang lebih awal," kata Cholili.

Sebelum shalawat bersama Habib Syech dimulai, akan diawali pembagian hadiah kepada para pemenang dari berbagai lomba Festival Santri yang berlangsung pada 25-26 September.

Festival Santri diikuti ribuan santri mulai tingkat Ula (SD), wustha (SMP) dan Ulya (SMA) dari 284 pesantren se Kabupaten Banyuwangi.

Lomba yang dipertandingkan antara lain baca kitab, tahfidz, penulisan arab, pidato, menulis arab, dan kaligrafi. Juga ada lomba yang sifatnya hiburan seperti sepak bola api dan volly sarungan. (*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015