Surabaya (Antara Jatim) - Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana meninjau prajuritnya yang sedang melaksanakan latihan di Pantai Sowan, Bancar, Tuban, Jawa Timur, Rabu.
     
Penerangan Korps Marinir dalam keterangan pers yang diterima Antara di Surabaya, Kamis, melaporkan Dankormar melakukan peninjauan dengan didampingi Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman.
     
Selain itu, Dankolatmar Kolonel Marinir Imam Sopingi, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Nurhidayat, Para Asisten Dankormar, Para Asisten Danpasmar-1, Para Dakolak/Satlak Pasmar-1 serta para perwira di jajaran Korps Marinir.
     
Kedatangan orang nomor satu di Korps Marinir beserta rombongan itu disambut Komandan Batalyon Kappa-1 Mar Mayor Marinir Arief Rahman Hakim dan Komandan Batalyon Howitzer-1 Mar Mayor Marinir Ridho Manusiwa.
     
Dalam kesempatan tersebut, Dankormar menyampaikan kepada prajuritnya agar melaksanakan latihan dengan semangat tinggi dan penuh kegembiraan.
     
Selain itu juga berpesan agar selalu menjaga faktor keamanan, baik personel maupun material, sehingga latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman (zero accident).
     
Adapun materi yang dilatihkan meliputi mengemudi kendaraan tempur Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri (Kapa), Gerakan Artileri Medan (GAM) pucuk Howitzer 105 mm dan Pelayanan Material Dinas Bateray (PMDB) pucuk Howitzer 105 mm.
     
Latihan selama dua hari pada 22-23 September 2015 itu melibatkan 17 prajurit dari Batalyon Kapa-1 Mar dan 43 prajurit dari Batalyon Howitzer-1 Mar serta lima prajurit dari Batalyon Taifib-1 Marinir.
     
Dalam latihan itu, prajurit Batalyon Howitzer-1 Marinir melaksanakan latihan GAM (Gerakan Artileri Medan) serta PMDB (Pelayanan Meriam Dinas Baterai) naik turun kendaraan Kapa PTS dengan membawa dua pucuk Meriam Howitzer 105 mm.
     
Ke-43 prajurit Howitzer-1 yang dipimpin langsung Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir Mayor Marinir Fentje R Manusiwa itu mengawali latihan dengan kegiatan PMDB (Pelayanan Meriam Dinas Baterai) Meriam Howitzer 105 mm.
     
Selanjutnya, PMDB naik turun Kapa PTS bersama 17 prajurit dari Batalyon Kapa-1 Mar dan lima prajurit dari Batalyon Taifib-1 Marinir, kemudian akhirnya dengan GAM dari Pantai Sowan sampai Desa Margosuko di Kecamatan Bancar. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015