Sumenep (Antara Jatim) - Pelantikan personil Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumenep, Jawa Timur, dijadwalkan pada 29 September 2015, kata Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sumenep, Soengkono Sidik.

"Kami sudah menerima surat dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur tentang rencana pelantikan personil BNNK Sumenep, yakni pada 29 September 2015," ujarnya di Sumenep, Selasa.

Ia menjelaskan, seluruh badan narkotika di tingkat daerah, yakni provinsi dan kota/kabupaten memang harus diubah statusnya menjadi BNN.

"Alhamdulillah, permohonan pengajuan perubahan status yang kami ajukan sejak beberapa tahun lalu itu akhirnya direspons BNN dan selanjutnya tinggal menunggu pelantikan personil BNNK Sumenep," ucapnya.

Setelah pelantikan pada 29 September 2015, kata dia, personil BNNK Sumenep sudah bisa beroperasi melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga vertikal.

"Secara otomatis pula peran BNK Sumenep akan dilaksanakan oleh BNNK Sumenep. Semoga saja keberadaan BNNK Sumenep benar-benar optimal dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika," ujarnya.

Soengkono yang juga Wakil Bupati Sumenep itu mengatakan, tugas pokok dan fungsi BNNK berbeda jauh dengan BNK yang hanya bergerak pada pencegahan penyalahgunaan narkoba.

BNNK punya kewenangan layaknya polisi, yakni penyelidikan, penyidikan, hingga penangkapan tersangka narkoba.

"Itu tentunya akan membuat ruang gerak dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba di Sumenep akan lebih optimal," katanya, menambahkan. 

Ia juga mengemukakan, sesuai surat keputusan dari BNN, jumlah personil BNNK Sumenep sebanyak 11 orang.

"Namun, nantinya pimpinan BNNK Sumenep bisa menambah personil sesuai kebutuhan dengan cara mengajukan permohonan ke BNN. Untuk nama-nama personil BNKK Sumenep, kami kurang etis untuk menyebutkannya sebelum pelantikan," ujarnya. 

Rencananya, pelantikan personil BNNK Sumenep ditempatkan di Pendapa Agung Keraton Sumenep di Kecamatan Kota.

"Sejak beberapa hari lalu, kami mulai menyiapkan segala sesuatunya untuk merealisasikan rencana pelantikan personil BNNK Sumenep," kata Soengkono. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015