Gresik, (Antara Jatim) - PT Petrokimia Gresik (PG) melepas sebanyak 95 karyawan perusahaan itu berangkat haji bersama total 268 orang dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur di komplek Sarana Olahraga (SOR) Tri Dharma Gresik dengan menggunakan enam bus perusahaan menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Senin.

Direktur Produksi Petrokimia Gresik, Nugroho Christijanto mengatakan total calon haji yang berangkat bersama karyawan Petrokimia Gresik sebanyak 268 orang, dengan rincian karyawan Petrokimia Gresik dan keluarga sebanyak 95 orang, pensiunan dan keluarga 16 orang, karyawan anak perusahaan Petrokimia 16 orang, ditambah masyarakat sekitar perusahaan 141 orang.

"Kalau dilihat dari jumlah, ini meningkat jika dibandingkan dengan jumlah calon haji yang diberangkatkan  tahun 2014 yang hanya 246 orang," ucapnya.

Nugroho berharap, seluruh calon jamaah haji dari Indonesia diberi kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

"Sebelumnya kita juga menggelar latihan calon haji atau bimbingan manasik haji sebanyak 14 kali sebagai bekal ilmu dalam menjalankan ibadah haji, dengan tujuannya agar para calon jamaah haji dapat mengetahui dan memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar," katanya.

Nugroho mengaku, kegiatan pemberangkatan calon haji merupakan kegiatan rutin yang akan terus dilakukan setiap tahun oleh Petrokimia Gresik bersama dengan pengurus Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik.

"Kami doakan semoga seluruh calon jamaah haji Petrokimia Gresik bisa kembali dengan sehat, selamat, serta, Insya Allah menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Sebelumnya, secara keseluruhan PPIH Embarkasi Surabaya memberangkatkan 28.356 calon haji yang ditambah 320 orang petugas haji yang mendampingi setiap kloter. Ke-28.356 calon haji itu meliputi 27.323 calon haji Jatim, 512 calon haji Bali, dan 521 calon haji NTT.

Sementara itu, berdasarkan data PPIH Embarkasi Surabaya untuk kloter pertama calon haji tertua bernama Mahfud Effendi dari Surabaya yang berusia 86 tahun, lalu calon haji termuda dari Magetan bernama Nur Kamalia yang berusia 23 tahun.(*)

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015