Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Bali bekerja sama paket wisata sebagai salah satu langkah mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki kedua daerah itu.

"Kami sudah berkomitmen dengan Dinas Pariwisata Bali untuk bekerja sama dalam rangka paket wisata," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Jarianto ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu.

Kerja sama yang tertuang dalam bentuk paket tour "Bali Plus" tersebut menawarkan lokasi pariwisata tidak hanya di Bali, namun ditambah sejumlah destinasi wisata Banyuwangi.

Hal ini, kata dia, tidak sedikit lokasi wisata di Banyuwangi yang menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara selama ini.

"Jadi, selain ke Bali, wisatawan juga bisa menikmati wisata di Banyuwangi. Semoga komitmen ini berjalan lancar dan mengembangkan potensi wisata di Indonesia," ucapnya.

Sebagai salah satu bentuk keseriusan, ia mengaku sudah ke Bali bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bertemu dengan pemerintah setempat, serta menindaklanjutinya bersama agen perjalanan wisata.

"Teknisnya, paket wisata 'Bali Plus' nanti ditawarkan oleh agen perjalanan wisata ke wisatawan. Jika mengikuti paket tersebut maka akan diantar juga ke Banyuwangi," katanya.

Sejumlah lokasi wisata menarik yang dimiliki Banyuwangi antara lain Pantai Plengkung, Pantau Pulau Merah, Kawah Ijen, Teluk Hijau, Pantai Watu Dodol, Air Terjun Lider, Pulau Tabuhan dan sejumlah tempat lainnya.

Tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, di daerah paling ujung timur Pulau Jawa tersebut juga terdapat berbagai fasilitas wisata, seperti "surfing", selancar layang dan selancar angin.

Bahkan di Pulau Tabuhan pada pekan lalu dihadirkan ajang "Tabuhan Island Pro Kiteboarding" yang diikuti 52 peselancar profesional dari 20 negara, antara lain Belanda, Jerman, Austria, Prancis, Swedia, Finlandia, Rusia, Lithuania, Inggris, Brazil, Selandia Baru, dan sebagainya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015