Surabaya (Antara Jatim) - Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) V/Brawijaya Brigjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau beserta prajuritnya menyaksikan bersama (nonton bareng) film "Jenderal Sudirman" di Studio XXI Surabaya Town Square (Sutos), Surabaya, Minggu.

"Kegiatan ini dilaksanakan agar para prajurit beserta keluarganya memahami betul rangkaian tonggak sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia," kata Wakapendam V/Brawijaya Letkol Inf Drs Heriyadi MSi setelah acara nonton bareng untuk merayakan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI itu.

Selain Kasdam beserta staf, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah V/Brawijaya Ny Sumardi beserta staf Persit KCK, beberapa perwakilan FKPPI dan perwakilan anggota Kodam V/Brawijaya juga menghadiri kegiatan nonton bareng tersebut.

"Film yang sarat dengan nilai-nilai heroik ini dapat memacu kinerja seluruh anggota dalam melaksanakan tugas kesehariannya dan bahkan bukan hanya untuk kalangan TNI, namun bagi masyarakat umum yang menyaksikan film tersebut dapat memetik intisarinya untuk melanjutkan perjuangan dalam mengisi kemerdekaan," katanya.

Dalam kaitan peringatan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI itu pula, Pemerintah Kota Surabaya menggelar Festival Perahu Layar Kenjeran yang diikuti 50 peserta di Pantai Kenjeran Lama, Surabaya, Jawa Timur.

"Festival tahun ini berbeda dari sebelumnya, jika biasanya diadakan untuk memperingati Hari Jadi Kota Surabaya, tahun ini kita pindah ke Bulan Agustus untuk turut memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia," kata Ketua Paguyuban Wisata Kenjeran, Wasito.

Festival yang digelar pada 29–30 Agustus 2015 itu diikuti oleh 50  peserta dari Perak, Kenjeran, Bulak, dan juga dari pulau seberang, Madura. Tahun sebelumnya 60 perahu yang mengikuti perlombaan tapi tahun ini menurun 10 perahu. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015