Surabaya, (Antara Jatim) - Kodam V Brawijaya bekerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berencana menggelar pameran alat utama sistem pertahanan negara (alutsista) TNI AD di Lapangan Kampus C Unair Jalan Mulyorejo Surabaya, Jawa Timur.
     
Waka Pendam V/Brawijaya Letkol Inf Drs Heriyadi dalam keterangan pers yang diterima Antara di Surabaya, Sabtu, mengatakan pameran akan dilaksanakan pada Sabtu (5/9) hingga Minggu (6/9) dan dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.
     
Ia mengatakan, pameran yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-70 TNI itu akan memamerkan beberapa alusita penting seperti Tank Leopard 2A4, Tank Marder, Tank Scorpion Canon 90, Tank Stormer, Panser Anoa, Panser Panhard, Panser Tarantula  dan senjata tempur lainnya.
     
"Pesan yang ingin kami sampaikan dalam pameran ini adalah menginformasikan kepada publik tentang perkembangan alutsista TNI, sekaligus pertanggungjawaban TNI kepada publik terhadap anggaran yang digunakan TNI untuk peningkatan profesionalisme dan alutsista TNI," ucapnya.
     
Ia berharap, pameran ini berguna sebagai wahana pendidikan bagi masyarakat dalam pengetahuan militer, serta diharapkan mampu menyebarkan semangat patriotisme bagi pelajar,  mahasiswa dan masyarakat.
     
"Kami harap juga bisa mengenalkan lebih dekat persenjataan TNI dan menularkan semangat perjuangan TNI kepada para pelajar, mahasiswa sehingga dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa," katanya.
     
Ia mengatakan, pameran ini juga dalam rangkaian Unair yang sedang menggelar Dies Natalis, dan akan dilakukan secara terbuka atau gratis untuk umum, sehingga bisa disaksikan mahasiswa dan masyarakat umum. 
    
"Pameran yang kami gelar secara terbuka ini mengambil tema "Satu Hati Satu Cinta, TNI Demi Indonesia", dan menampilkan beberapa alutsista terbaru," ucapnya.

Selain pameran, rencanya juga akan ditampilkan berbagai hiburan yang dikemas dalam bentuk panggung hiburan, dan menampilkan sejumlah artis dari kalangan mahasiswa Unair dan prajurit TNI.(*)

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015