Jember (Antara Jatim) - Kampanye hari pertama dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis, dibagi dalam dua zona untuk pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) setempat.

"Mekanisme kampanye sudah ditawarkan kepada kedua pasangan cabup-cawabup dan mereka sepakat untuk melakukan kampanye setiap hari dengan pembagian dua zona kampanye untuk masing-masing calon," kata Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi di Jember.

Menurutnya, kampanye disepakati dalam dua zona yakni zona 1 yang terdiri dari daerah pemilihan (dapil) 1,2,dan 3, sedangkan zona dua berada di dapil 4,5, dan 6.

"Kedua pasangan bergantian kampanye di dua zona wilayah dapil itu dan diharapkan masing-masing tim sukses menaati aturan kampanye yang sudah disepakati bersama," tuturnya.

Hanafi mengatakan masa kampanye yang dimiliki oleh masing-masing pasangan calon kepala daerah sebanyak 99 hari, sehingga tim sukses bisa memanfaatkan masa kampanye yang cukup panjang tersebut.

"Jumlah 99 hari itu sudah dikurangi dengan hari libur atau hari besar keagamaan, sehingga keduanya diperbolehkan melakukan kampanye seperti kampanye terbatas atau rapat umum. Namun, untuk rapat umum hanya bisa dilakukan sekali selama masa kampanye 99 itu," paparnya.

Kampanye terbatas, lanjut dia, maksimal dihadiri sebanyak 1.000 orang dan jika lebih dari itu maka termasuk kategori rapat umum yang hanya dilakukan sekali selama masa kampanye.

"Sesuai jadwal yang ditetapkan KPU, pasangan Sugiarto-Dwi Koryanto melakukan kampanye di zona satu dan pasangan Faida-A. Muqit Arief melakukan kegiatan kampanye di zona dua," kata komisioner KPU Jember Divisi Sosialisasi itu.

Namun laporan di KPU Jember mencatat hanya tim pasangan Sugiarto-Dwi Koryanto yang memberitahukan ada kegiatan kampanye di Pasar Tanjung, Sumberjambe, Ledokombo, dan Kaliwates, sedangkan pasangan Faida-A. Muqit Arief belum menyampaikan pemberitahuan ada kegiatan kampanye.

"Kedua pasangan calon kepala daerah belum menyampaikan jadwal kampanye selama 99 hari kepada KPU Jember, namun kami mendapatkan informasi kegiatan kampanye calon melalu pemberitahuan dari aparat kepolisian," ujarnya.

Pilkada Jember diikuti oleh dua pasangan calon kepala daerah yakni Sugiarto-Dwi Koryanto dengan nomor urut 1 dan pasangan Faida-A. Muqiet Arif dengan nomor urut dua.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015