Sumenep (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, masih membahas penentuan waktu pengundian nomor urut peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat dengan tetap berpedoman pada jadwal dari KPU RI.

"Sesuai jadwal dari KPU RI, KPU di daerah diberikan waktu selama dua hari, yakni 25-26 Agustus 2015, untuk mengundi nomor urut peserta pilkada. Saat ini, kami sedang membahas penentuan waktunya," kata komisioner KPU Sumenep, Abd Hadi di Sumenep, Sabtu.

Sementara untuk penetapan peserta Pilkada Sumenep 2015 dipastikan pada Senin (24/8) sebagaimana jadwal dari KPU RI.

"Kalau penetapan peserta pilkada memang hanya diberikan waktu selama satu hari. Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menggelar rapat pleno tentang penetapan peserta Pilkada Sumenep 2015 pada Senin," ujarnya.

Masa jabatan A Busyro Karim-Soengkono Sidik sebagai Bupati-Wakil Bupati Sumenep periode 2010-2015 yang merupakan hasil pilkada langsung setempat pada 2010, akan berakhir pada Oktober 2015. 

Sesuai Peraturan KPU RI Nomor 2 Tahun 2015, pilkada serentak pada tahun ini termasuk Pilkada Sumenep akan digelar pada 9 Desember. 

Pada masa pendaftaran calon bupati-calon wakil bupati (26-28/7), terdapat dua pasangan calon yang terdaftar di KPU Sumenep, yakni A Busyro Karim-A Fauzi dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah.

"Sesuai hasil penelitian yang dilakukan oleh petugas khusus kami, berkas persyaratan pencalonan dari dua pasangan calon yang terdaftar itu sudah lengkap. Kami tinggal melakukan tahapan selanjutnya, yakni penetapan peserta pilkada dan pengundian nomor urutnya," kata Hadi, menerangkan.

Ia menjelaskan, pihaknya akan mengundang personel tim pemenangan dari dua pasangan calon yang terdaftar itu pada Minggu (23/8) untuk membicarakan lebih dulu tentang waktu pengundian nomor urut peserta pilkada.

"Pada prinsipnya, kami sebenarnya sudah siap melakukan pengundian nomor urut sesuai jadwal dari KPU RI (25-26/8). Namun, untuk sementara waktunya belum ditentukan dan rencananya mau dibahas bersama dengan personel tim pemenangan," ujarnya.

Hadi juga mengemukakan, pengundian nomor urut peserta Pilkada Sumenep 2015 kemungkinan besar akan dilakukan di luar kantor KPU.

"Kami berencana menggelar acara pengundian nomor urut peserta pilkada itu di aula salah satu hotel di Kecamatan Kota. Staf kami sudah berkoordinasi dengan pengelola hotel dan tinggal menunggu penetapan waktu pengundiannya," katanya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015