Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak 31 calon haji dari Kabupaten Magetan dan Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, tertunda berangkat bersama rombongan kelompok terbang (kloter) pertama yang dilepas Gubernur Jatim Soekarwo di pelataran Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat.
     
Kepala Kanwil Kemenag Jatim Drs H Mahfudh Shodar MAg menyatakan kloter pertama dari Magetan dan Surabaya seharusnya memang berjumlah 450 orang yakni 445 calon haji dan lima orang petugas haji.
     
"Tapi, hanya 419 calhaj dan petugas yang dilepas Gubernur Jatim Soekarwo ke Tanah Suci, karena ada 31 calhaj yang memang belum selesai urusan visa-nya, sehingga tertunda," katanya saat mendampingi Gubernur Jatim Soekarwo melepas keberangkatan Calhaj Jatim kloter pertama.
     
Namun, katanya, hal itu bukan berarti batal, karena mereka pasti berangkat jika visa untuk mereka sudah dikeluarkan Kedubes Arab Saudi di Jakarta, namun mereka tertunda keberangkatannya hingga visa mereka selesai.
     
"Kalau visa mereka selesai saat kloter kedua akan berangkat, ya mereka kita masukkan kloter kedua. Kalau visa selesai saat kloter ketiga akan berangkat, ya mereka langsung ikut keberangkatan kloter itu. Begitu-lah seterusnya, jadi pasti berangkat, karena visa juga pasti selesai semuanya," ujarnya. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015