Ssurabaya, (Antara Jatim) - Sedikitnya 19 sekolah dan dua Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) di Jawa Timur memamerkan cara pembelajaran efektif kepada siswa, dalam acara Unjuk Karya Praktik tingkat SD/MI, SMP, MTs dan perguruan tinggi.

Ketua Panitia Pameran atau Spesialis Pengembangan LPTK USAID Prioritas Jatim, Nur Kholis, Kamis mengatakan kegiatan pameran yang digelar di salah satu hotel di Surabaya, merupakan hasil pelatihan yang dilakukan dengan kerja sama "United States Agency for International Development" (USAID).

"Acara ini adalah implementasi dari pelatihan yang sudah dilakukan, sehingga dengan adanya pameran pendidikan ini setiap sekolah dapat melakukan diseminasi pelaksanaan praktik pendidikan yang baik," katanya.

Ia menjelaskan, salah satu cara pembelajaran yang dipamerkan dalam kegiatan itu yakni menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) atau RPP yang dalam metodenya dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa, instrumen penilaian, media pembelajaran, serta hasil karya guru dan masih banyak lagi.

"Dalam acara ini juga ada beberapa karya siswa yang dipamerkan, seperti berupa laporan hasil percobaan, pengamatan, penelitian, dan wawancara yang divisualisasikan dalam bentuk karya siswa," ujarnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini sejumlah sekolah yang telah menjadi mitra kerja sama USAID dapat konsisten melakukan pelaksanaan praktik yang baik.

"Program USAID merupakan program lima tahunan senilai 83,8 juta dollar Amerika yang bertujuan membawa pendidikan lebih baik dan berkelas dunia di Indonesia." tuturnya.

Sementara itu, CEOP USAID Prioritas Jakarta, Stuart Weston mengaku kegiatan ini untuk meningkatkan akses pendidikan dan cara belajar serta manajemen yang baik.(*)

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015