Abd Kadir
Makassar (Antara) - Kontingen Jawa Timur untuk sementara hingga Kamis memimpin perolehan medali Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Makassar, Sulawesi Selatan, 2-8 Agustus 2015.

Kontingen Jatim sejauh ini (belum masuk hasil pagi) unggul jauh dengan perolehan delapan medali emas, empat perak dan 2 perunggu. Perolehan medali Jatim jauh meninggalkan tim Jawa Barat di posisi kedua dengan perolehan lima medali emas, tiga perak dan 2 perunggu atau total medali sebanyak 10 medali.

Sementara untuk posisi ketiga ditempati Jawa Tengah dengan empat emas, empat perak dan tiga perunggu. Disusul kemudian DKI Jakarta (3,2,2), Sumatera Utara (3,0,1), Bali (2,1,3) dan Sumbar dengan perolehan dua medali emas.

Panitia O2SN cabang silat, Muhammad Arham di Makassar,  mengatakan perolehan medali ini tentu akan kembali mengalami perubahan karena beberapa cabang yang sudah mempertandingkan babak final diantaranya pencak silat, karate, dan catur.

"Khusus untuk pencak silat akan mempertandingkan final seni tunggal dan kelas pertarungan putra dan putri tingkat SMP," katanya.

Untuk tingkat SMP, dua pesilat Sulsel sudah dinyatakan lolos untuk pertandingan final hari ini. Keduanya yakni Radiah Nur di kelas F putri dan Ashari Alang di kelas E Putra.

Pesilat Radiah Nur akan menghadapi Salsabella dari Jawa Timur sedangkan Ashari akan menghadapi Arifin Mahardika asal Lampung.

"Kami tentu berharap kedua atlet kembali mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya sekaligus merebut medali emas untuk Sulsel," katanya.

Pelaksanaan O2SN di Makassar, 2-8 Agustus 2015 itu diikuti sebanyak 7.327 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.(*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015