Gresik,(Antara Jatim) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Gresik, Jawa Timur akan membantu meneliti berkas setiap pasangan calon yang maju dalam Pilkada wilayah setempat, tujuannya untuk menjamin kebenaran data-data yang diberikan, sehingga tidak mengalami kekeliruan.

"Rencananya memang kita akan membantu meneliti, dan hal itu akan kita lakukan menunggu rapat pleno anggota Panwaslu," ucap Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kabupaten Gresik, Hariyanto Ismail, Rabu.

Dikatakannya, kroscek atau meneliti ulang setiap berkas pasangan calon dilakukan dengan mendatangi kantor partai politik pengusung.

Sementara berkas yang akan dicek antara lain tempat dan tanggal lahir, ijazah, pembayaran pajak dan laporan harta kekayaan, dan beberapa berkas kelengkapan berkas personal atau pribadi masing-masing calon. 

"Semuanya bakal kami teliti untuk memastikan berkasnya memang benar, dan setelah itu akan kami berikan kepada KPU Gresik sebelum langkah penetapan pasangan calon," katanya di Gresik.

Ia berharap, bantuan Panwaslu dalam meneliti bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan KPU Gresik dalam penetapan pasangan calon. 

"Intinya, bantuan kami diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan, sedangkan untuk keputusan penetapan menjadi wewenang KPU Gresik," ujarnya.(*)

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015