Surabaya (Antara Jatim) - Partai NasDem memilih abstain di empat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jawa Timur, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Kediri.

"Di empat daerah tersebut kami mengibarkan bendera putih atau abstain untuk Pilkada serentak," ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Timur Effendi Choirie ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Rabu.

Ia beralasan, partainya tidak mau mendukung calon bentukan (boneka) yang ditengarai akan dilakukan di daerah-daerah tersebut, karena hanya ada satu pasangan calon mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat.

"NasDem masih memiliki integritas (moral) politik sehingga enggan mengusung calon boneka. Lebih baik kibarkan bendera putih saja daripada mendukung calon boneka," kata Gus Choi, sapaan akrabnya.

Alasan lainnya, lanjut eks legislator DPR RI itu, di empat daerah tersebut tidak ada pasangan calon yang memenuhi standar moral Partai NasDem sehingga memilih abstain.

Sementara itu, untuk 15 Pilkada di Jatim lainnya, Partai NasDem memilih ikut serta dan berjanji akan mengerahkan segalanya untuk membuat pasangan calon yang diusungnya mampu memenangkan Pilkada. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015