Surabaya (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur merekapitulasi 45 bakal pasangan calon bupati/wali kota yang mendaftar di 19 daerah untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015.

"Hingga hari terakhir pukul 16.00 WIB, dari 19 daerah penyelenggara Pilkada serentak, total 45 bakal pasangan yang mendaftar," ujar Komisioner KPU Jatim Choirul Anam kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Masa pendaftaran calon kepala daerah telah digelar selama tiga hari di 19 KPU daerah setempat, tepatnya sejak Minggu-Selasa, 26-28 Juli 2015.

Untuk Kabupaten Trenggalek, tidak ada penambahan yang mendaftar sehingga tetap akan diikuti oleh dua bakal pasangan calon yakni Kholiq (petahana wakil bupati)-Priyo Handoko (diusung PKB) dan Emil Elestianto-Mochammad Nur Arifin (PDIP, Demokrat, Golkar, Gerindra dan PAN).

Berbeda dengan Kabupaten Sidoarjo ada penambahan satu lagi sehingga total empat pasangan, yakni pasangan Hadi Soecipto (petahana wakil bupati)-Abdul Kholik (PDIP, NasDem, Demokrat dan PBB), Saiful Illah (petahana bupati)-Nur Achmad Syaifuddin (PKB), Utsman Ikhsan-Ida Astuti (Gerindra dan PKS) serta Warih Andono-Imam Sugiri (Golkar dan PAN).

Di Kabupaten Ngawi terdapat dua pasangan yakni petahana Budi Sulistiyono-Ony Anwar (PDIP, Golkar, Gerindra, PKS, PKB, NasDem, PAN, Hanura dan Demokrat) serta Agus Bandono-Adi Susila (jalur perseorangan)

Sedangkan, di Kota Surabaya hingga batas akhir penutupan hanya satu yang mendaftar yakni pasangan petanana Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana (PDIP).

Kota Pasuruan diikuti tiga pasangan, yakni Yus Samsul Hadi Subakir-Agus Wibowo (perseorangan), Setiyono (petahana wabup)-Raharto Teno Prasetyo (PDIP, Golkar, PAN, Gerindra dan PPP), serta Hasani (petahana bupati)-M. Yasin (PKB, Hanura, PKS dan NasDem).

Kabupaten Lamongan masing-masing Fadeli (petahana bupati)-Kartika Hidayati (Demokrat, PKB, PDIP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Hanura), Mujianto-Sueb (perseorangan), dan Nur Salim-Edy Wijaya (perseorangan).

Kota Blitar yakni Samanhudi Anwar (petahana bupati)-Santoso (PDIP) dan Mochsin-Dwi Sumardianto (perseorangan), kemudian Kabupaten Jember yaitu Sugiarto-Dwi Koryanto (Gerindra, PKB, PKS, Golkar, PPP, dan Demokrat) dan Faida-Muqid Arif (NasDem, PDIP, Hanura dan PAN).

Kabupaten Malang yakni Nur Cholis-Muhammad Mufidz (perseorangan), Rendra Kresna (petahana bupati)-M. Sanusi (Golkar, PKB, NasDem, Demokrat dan Gerindra), serta Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi (PDIP).

Kabupaten Ponorogo ada empat pasangan tanpa petahana, masing-masing Misranto-Isnen (perseorangan), Sugiri Sancoko-Sukirno (Golkar, Demokrat, PKS, Hanura), Ipong Muchlissoni-Soedjarno (Gerindra, PAN, NasDem), dan Amin-Agus Widodo (PKB dan PDIP).

Kabupaten Situbondo yakni Abdullah Faqih Ghufron-Untung (PDIP dan Demokrat), Abdul Hamid Wahid-Achmad Fadil Muzakki Syah (PPP dan Gerindra), serta Dadang Wigiarto (petahana bupati)-Yoyok Mulyadi (PKB).

Kabupaten Mojokerto yakni Mustofa Kamal Pasa (bupati petahana)-Pungkasiadi (PDIP, Demokrat, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, NasDem), Misnan-Rahma Sofiana (perseorangan) dan Choirun Nisa (petahana wabup)-Arifudinsyah (PKB, PPP, PBB dan Hanura).

Kabupaten Sumenep yaitu Busyro Karim (petahana bupati)-Achmad Fauzi (PKB dan PDIP) dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah (PAN, Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Demokrat, Hanura dan PKS).

berikutnya Kabupaten Kediri Ari Purnomo Adi-Arifin (Gerindra dan PAN) dan -pasangan petahana Hariyanti Sutrisno-Masykuri (PDIP, Golkar, Demokrat, PKB, PBB dan PPP).

Kabupaten Banyuwangi yakni pasangan petahana Abdullah Azwar Anas-Yusuf Widiatmoko (PDIP, Gerindra, NasDem, PKS, PAN dan PKB) dan Sumantri Soedomo-Sigit Wahyuwidodo (Golkar dan Hanura)

Kabupaten Tuban yaitu Zakky Mahbub-Dwi Susiantin Budiarti (perseorangan) dan pasangan petahana Fathul Huda-Noor Nahar Hussein (PKB, PKS, PAN, PDIP, Gerindra, Nasdem, Hanura dan Demokrat).

Kabupaten Gresik yaitu Husnul Huluq-Ahmad Rubai (PDIP, PAN, Gerindra) dan pasangan petahana Sambari-Qosim (PKB, Demokrat) dan Nur Hamim-Junaidi (Golkar).

Sedangkan, di dua kabupaten masih satu pasangan yakni Rijanto (petahana wabup)-Marhaenis (PDIP dan Gerindra) untuk Kabupaten Blitar dan Indartato (petahana bupati)-Yudi Sumbogo (Partai Demokrat) untuk Kabupaten Pacitan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015