Pasuruan (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Pasuruan menambah dua unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) kendaraan pertama/lama/kecil berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2013 per tanggal 24 Desember 2013.

"Saya ingin cek langsung terkait pengadaan mobil damkar, karena sebagaimana kita ketahui kalau Kabupaten Pasuruan memiliki potensi kebakaran seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Nantinya akan saya pantau pengadaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait kesiapan para petugas," kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Rabu.

Ia mengatakan tambahan dua unit kendaran damkar itu sesuai pengadaan tahun 1995 merk Mitshubisi kapasitas 4 ribu liter dan kendaraan kedua pengadaan tahun 2003 merk Izusu VTR kapasitas 5 ribu, sehingga total damkar yang dimiliki Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Damkar menjadi enam mobil damkar.

"Total ada enam kendaraan damkar yang kami miliki dengan kapasitas 5.000-6.000 liter dan ada dua lagi yang lama, namun itu tentu belum cukup untuk mengantisipasi jika ada kebakaran dengan cakupan wilayah Kabupaten Pasuruan seluas 1.474 kilometer persegi, sehingga didukung oleh beberapa perusahaan swasta yang berada di Kabupaten Pasuruan," ujarnya.

Menurut dia, hal yang mendasari penambahan damkar adalah Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) tahun 2015 yang telah dilakukan proses pengadaan melalui "ePurchasing" yang berbasis "ecatalogue" pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) sebagaimana instruksti Presiden Joko Widodo no 1 tahun 2015 tentang percepatan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Masing-masing kendaraan damkar memiliki harga yang berbeda-beda. Saat ini personel unit pemadam kebakaran didukung 28 orang yang terdiri dari 13 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 15 orang non PNS atau pegawai honorer," tuturnya.

Ia menambahkan, satu unit damkar double cabin merk HINO berkapasitas 5 ribu liter air dan 500 liter foam karoseri Kajama tahun rakitan 2015 senilai Rp1.813.734.900, sedangkan satu unit damkar double cabin merk HINO berkapasitas 6 ribu liter air karoseri Kajama tahun rakitan 2015 mecapai Rp1.769.034.900.

"Untuk menunjang kinerja damkar, kami juga menambah satu unit kendaraan Rescue Komando Ford Ranger Double Cabin tahun rakitan 2015 senilai Rp391 juta dengan harapan bisa memenuhi waktu respon yang mencakup wilayah Kabupaten Pasuruan yang tersebar di 24 kecamatan," tandasnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015