Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep menyatakan tujuh warga telah mendaftar sebagai peserta program bus balik gratis dengan rute Sumenep-Surabaya, Jawa Timur.

"Program bus balik gratis dari Sumenep ke Surabaya yang merupakan salah satu kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tahun ini ternyata sudah ada peminatnya. Sudah ada tujuh pendaftar," kata Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Sumenep, Abd Hadi di Sumenep, Minggu.

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyosialisasikan program bus balik gratis itu sejak beberapa waktu lalu dengan cara menyebarkan selebaran kepada warga.

"Kami mulai membuka pendaftaran bagi warga yang ingin memanfaatkan program tersebut sejak Kamis (2/7) di posko angkutan Lebaran 2015 di Terminal Aryawirara di Kecamatan Kota," ujarnya, menerangkan.

Pada tahun ini, kata dia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan empat bus berfasilitas mesin pendingin ruangan sebagai armada balik gratis di rute Sumenep-Surabaya.

"Empat bus balik gratis itu akan diberangkatkan pada 20 Juli 2015 pada pukul 08.00 WIB dari depan Kantor Dishub Sumenep. Masing-masing bus berkapasitas 50 penumpang," ucapnya.

Dishub Sumenep akan langsung menutup masa pendaftaran program bus balik gratis itu ketika kuota peserta telah terpenuhi (200 orang) atau bus telah diberangkatkan.

"Semoga saja warga benar-benar merespons positif program bus balik gratis ini dan selanjutnya kuota peserta hingga 200 penumpang bisa terpenuhi," paparnya.

Ia juga mengemukakan, program bus balik gratis merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap warganya.

"Tujuan lainnya adalah mengurangi jumlah pebalik yang menggunakan sepeda motor sebagai bagian dari upaya mengurangi kemacetan di jalan raya selama masa angkutan Lebaran 2015 ," kata Hadi, menambahkan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015