Kediri (Antara Jatim) - Kiriman uang dari tenaga kerja Indonesia di luar negeri  (remitansi) yang dikirimkan ke keluarganya melalui Kantor Pos Kediri, Jawa Timur, menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2015 naik  mencapai 30 persen.

"Kediri ini basis TKI, dan kiriman uang dari luar negeri ada peningkatan sampai 30 persen," kata Kepala Kantor Pos Kediri Iskandar di Kediri, Kamis.

Menurut dia, pada Januari, terdapat 4.202 transaksi dengan nominal kiriman uang Rp13,6 miliar, Februari terdapat 4.079 transaksi dengan nominal Rp13,2 miliar, dan di Maret ada 4.790 transaksi dengan nominal Rp16 miliar. Nilai nominal tersebut diperkirakan akan lebih tinggi menjelang Lebaran.

Kiriman uang itu berasal dari berbagai negara tempat para TKI bekerja seperti negara-negara di Asia, Timur Tengah dan Korea.

Humas Kantor Pos Kediri Hartono menambahkan para TKI banyak memanfaatkan jasa pengiriman uang baik lewat "express money order" atau lewat "Western Union". Namun, dari jasa pengiriman itu, mereka lebih menyukai "western union" karena aman dan keluarga juga mudah mengambil uang kiriman tersebut.

Jika melalui Western Union,  keluarga yang hendak mengambil uang kiriman hanya  menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) serta nomor kartu khusus untuk pengambilan uang remitansi. Jika syarat utama pengambilan itu bisa ditunjukkan, dipastikan uang kiriman juga bisa secepatnya diambil. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015