Jember (Antara Jatim) - Pengiriman paket dari tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri kepada keluarganya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, melalui Kantor Pos Jember meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Pengiriman paket dari luar negeri di Kantor Pos Jember meningkat tajam dan peningkatan tersebut sudah terjadi sejak awal Ramadhan," kata Kepala Kantor Pos Jember, Muslih, Kamis, di Jember.

Menurut dia, tidak hanya paket dari luar negeri saja yang mengalami peningkatan, namun kiriman paket domestik juga mengalami peningkatan menjelang Lebaran tahun ini.

"Kemungkinan terjadi peningkatan yang cukup signifikan beberapa hari menjelang Lebaran nanti karena banyak warga yang mengirimkan barang kepada sanak saudaranya untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1436 H ," katanya.

Sementara petugas Paket Luar Negeri Kantor Pos Jember, Sujalmo, mengatakan pada hari normal jumlah paket dari luar negeri rata-rata berkisar 15-20 paket per hari.

"Pada awal Ramadhan menunjukkan peningkatan, bahkan beberapa hari terakhir jumlah paket dari luar negeri yang diterima Kantor Pos Jember mencapai 45 paket per hari," tuturnya.

Ia menjelaskan seluruh paket dari luar negeri yang diterima Kantor Pos Jember akan didistribusikan ke kabupaten di wilayah eks Keresidenan Besuki dan Lumajang.

"Setelah disortir sesuai dengan kabupaten, Kantor Pos Jember akan mengirimkan paket barang itu ke masing-masing kantor pos di kabupaten setempat seperti Kantor Pos Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi," paparnya.

Beberapa paket barang milik TKI tersebut, kata dia, berasal dari berbagai negara seperti Malaysia, Taiwan, Korea, Arab Saudi.

"Pengiriman paket buruh migran di Kantor Pos Jember didominasi mereka yang bekerja di Malaysia dengan tujuan terbanyak Kabupaten Banyuwangi, sedangkan negara lain jumlahnya tidak terlalu signifikan," jelasnya.

Sujalmo mengatakan sebagian besar jenis paket yang dikirimkan adalah barang-barang untuk kebutuhan Lebaran dan isi paket barang yang dikirimkan TKI kepada keluarganya di Jember dan sekitarnya didominasi pakaian.(*) 
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015