Magetan (Antara Jatim) - Jenazah Sersan Mayor (Serma) Bambang Hermanto, salah satu korban pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Medan, akan dimakamkan di kampung halamannya di Desa Karangmojo, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 
     
Paman korban, Sukarmo, Rabu, mengatakan, hingga kini keluarga sedang menunggu pengiriman jenazah Serma Bambang yang rencananya akan diterbangkan dari Lanud Halim Perdana Kusuma dan Abdulrahman Saleh, Malang.

"Kami masih menunggu kepastian kabarnya dari pihak TNI. Sesuai rencana, Bambang Hermanto akan dimakamkan di Desa Karangmojo tempat aslinya," ujar paman korban, Sukarmo, kepada wartawan.
     
Menurut dia, perwakilan keluarga, yakni orang tua dari Serma Bambang, saat ini sudah berada di Malang. Keduanya berangkat ke Malang setelah mendapat informasi tentang jatuhnya pesawat Hercules dari tayangan berita di televisi nasional pada Selasa sore, 30 Juni 2015.
     
Serma Bambang Hermanto selama ini bertugas sebagai teknisi radio pesawat Hercules yang jatuh tersebut. Bambang bertugas di Pangkalan Udara Abdurahaman Saleh, Malang. Ia dan keluarganya selama ini berdomisili di Malang. 
     
Akibat kejadian itu, Serma Bambang meninggalkan seorang istri bernama Qurani Dari Nilasari dan dua orang anaknya, yaitu Excel dan Haikal. 
     
Sementara, Kaur Penerangan Umum Pentak Lanud Iswahjudi, Magetan, Mayor TNI-AU Tamsir, mengatakan, pengiriman jenazah korban jatuhnya Hercules diperkirakan dilakukan pada besok, Kamis (2/7).
      
"Jenazah Serma Bambang belum jadi hari ini sampai di Lanud Iswahjudi, ditunda sampai besok, jam belum bisa ditentukan," kata Kaur Penerangan Umum Pentak Lanud Iswahjudi, Maospati Magetan, Mayor TNI-AU Tamsir kepada wartawan.
     
Seluruh jenazah, akan disemayamkan dulu di bandara Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dan Lanud Abdulrahman Saleh, Malang. Kemungkinan, rencananya jenazah akan diberangkatkan Presiden, baru kemudian dibawa ke rumah duka masing-masing.
     
Saat ini di rumah duka di Desa Karangmojo sudah melakukan persiapan untuk persemayaman jenazah Serma Bambang Hermanto. Tetangga dan kerabat korban juga terus berdatangan untuk ikut berbela sungkawa.
    
Selain Serma Bambang Hermanto, terdapat tiga anggota TNI asal Madiun dan sekitarnya yang menjadi korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Medan. Yakni, Kopda Dani Setiyo Wahyudi, warga Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun; Serda Sugiyanto warga Desa Tambakromo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, dan Serda Syamsir warga Jalan Borobudur Kota Madiun. (*)    

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015