Pamekasan (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkab Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, memasang peringatan disiplin berlalu lintas di berbagai tempat penyeberangan di wilayah itu sebagai upaya untuk menekan kecelakaan lalu lintas selama mudik Lebaran kali ini.

"Semua perempatan jalan raya di Pamekasan ini kami pasang imbauan, agar pengendara lebih berhati-hati dalam melakukan mudik Lebaran, memperhatikan keselamatan kendaraan bermotor di jalan raya," kata Kepala Dishubkominfo Pemkab Pamekasan Moh Zakir, Rabu.

Pesan keselamatan kendaraan bermotor yang terpasang di berbagai perempatan jalan di Kabupaten Pamekasan ini, antara lain tentang keharusan menyalakan lampu bagi pengendara roda dua, cara memasang helm standar yang benar, serta penggunaan sabuk keselamatan bagi pengendara mobil.

Menurut Moh Zakir, di kota-kota besar di Jawa Timur seperti di Surabaya, imbauan keselamatan kendaraan bermotor bagi pengendara telah lama terpasang.

"Di di Madura, di Kabupaten Sampang, juga telah lama dipasang, dan tinggal Pamekasan. Makanya, kami pasang sekaligus saat ini," kata Zakir.

Ia menjelaskan, pada musim mudik Lebaran kali ini, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 60 personel untuk bertugas memantau arus mudik Lebaran mulai H-7 hingga H+7 Lebaran selama 24 jam penuh secara bergantian.

Berbagai upaya untuk mencegah banyaknya kecelakaan lalu lintas, akan dilakukan, mulai dari pengecekan kelayakan kendaraan mobil penumpang umum, hingga tes urine kepada sopir angkutan umum.

"Untuk layanan penumpang, kami juga bekerja sama dengan tim Dinas Kesehatan Pemkab Pamekasan membentuk posko kesehatan gratis dan nantinya akan ditempatkan di terminal Ceguk, Pamekasan," katanya.

Kepala Dishubkominfo Moh Zakir juga memperkirakan kendaraan bermotor jenis roda dua, akan meningkat pada musim mudik Lebaran kali ini, mengingat pemerintah telah membebaskan tarif untuk roda dua di Jembatan Suramadu. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015