Surabaya (Antara Jatim) - Kegiatan pra-Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama akan digelar di Makam Bung Karno di Blitar dan dijadwalkan mengundang Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri pada 28 Juli mendatang.

"Kegiatannya berupa Haul Bung Karno sekaligus Haul KH Hasyim Asyari dan dikakukan bersamaan di Makam Bung Karno," ujar Ketua Panitia Daerah Muktamar NU, Saifullah Yusuf, kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Selain mengundang Megawati, sejumlah tokoh nasional, ulama, kiai dan jajaran Pengurus Besar NU diharapkan juga menghadiri kegiatan tersebut.

"Kami sangat berharap beliau semua datang untuk memperingati wafatnya dua tauladan bangsa ini. Nantinya, masyarakat umum juga akan bersama kita," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Menurut Wakil Gubernur Jatim itu, Bung Karno dan KH Hasyim Asyari merupakan dua nama yang tak hanya sekadar pahlawan, namun tokoh sentral dalam upaya memperjuangkan serta mempertahankan Bangsa Indonesia.

"Kami juga ingin memberikan sebuah penguatan bahwa kita belajar kepada para pendiri republik ini, yakni KH Hasyim Asyari dan Bung Karno. Rakyat dan pemerintah saat ini harus berkaca pada mereka," tukas eks Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015