Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak merilis hasil akhir video klip lagu Hidup Adalah Perjuangan yang berduet dengan Dewa 19 di platform sosial media masing-masing.

"Video klip Hidup Adalah Perjuangan hari ini akan dirilis di akun YouTube Dewa 19 Sky Lounge, Bu Khofifah, Mas Emil dan Mbak Arumi juga," kata pengarah gaya video klip Khofifah-Emil X Dewa 19 Gagah Wibowo saat konferensi pers di Hotel Alana Malang, Senin.

Menurut Gagah yang juga CEO JW Entertainment itu, pengambilan video klip tidak berlangsung lama dan diambil di kawasan bangunan heritage Jalan Kayoon Surabaya milik Ahmad Dhani juga.

"Pengambilan video klip tidak berlangsung lama, sekitar tiga sampai empat kali take. Pokoknya sebelum matahari terbit karena menyesuaikan jadwal dari Bu Khofifah," ucap pria yang juga seorang owner Hotel Alana Malang tersebut.

Sementara itu, calon Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengaku jika munculnya video klip hari ini, sebelumnya tidak pernah berdiskusi dengan Gubernur Jatim periode 2020-2024 itu.

"Sebetulnya Bu Khofifah belum tahu kalau ini akan dijadikan langsung dengan serius, jadi setelah rekaman suara tidak butuh waktu lama langsung membuat video klipnya," ucapnya.

Emil menjelaskan, lagu yang dirilis oleh Dewa 19 pada tahun 2000 itu, merupakan representasi dari semua masyarakat termasuk keduanya yang harus melanjutkan perjuangan untuk membangun lebih baik lagi Jawa Timur.

"Lagu ini konsepnya memang dinyanyikan saat suasana gembira dan bisa dinyanyikan ramai-ramai dengan anak-anak muda. Pemilihan lagu ini pasti sangat selektif jadi Bu Khofifah bisa nyaman, saya juga nyaman," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama calon gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan jika lagu Hidup Adalah Perjuangan mengisyaratkan tentang Presiden Republik Indonesia ke-5 Abdurahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

"Jadi Gus Dur sangat sering menyampaikan pada siapa saja yang ditemui. Saya termasuk yang agak sering diminta mengantarkan tamu-tamu yang ingin bertemu Gus Dur, yang disampaikannya bahwa hidup adalah perjuangan, setiap perjuangan butuh pengorbanan dan setiap pengorbanan sangat besar pahalanya," ujarnya.

Jadi, lanjutnya, kemungkinan saat membuat lagu ini Ahmad Dhani bisa jadi inspirasinya dari Gus Dur juga karena sangat berkaitan sekali.

"Terima kasih untuk Mas Dhani yang sudah membuat lagu sangat bagus ini, karena bisa membuat semuanya untuk bersemangat," kata Khofifah.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024