Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu, Jawa Timur mendukung penuh penerapan makan bergizi gratis dari pemerintah pusat dengan meluncurkan program khusus, yakni KWB Bergizi.

Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai di Kota Batu, Senin, mengatakan uji coba sudah pelaksanaan makan bergizi gratis sudah dilakukan di SD Negeri Torongrejo 3, Kecamatan Junrejo.

"KWB bergizi dilakukan dengan tujuan menunjukkan bahwa Kota Batu siap mendukung dan melaksanakan pelaksanaan program makan gratis bergizi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Aries.

Pelaksanaan uji coba itu juga turut dipantau Kepala Kepolisian Resor Kota Batu Ajun Komisaris Polisi Andi Yudha Pranata, Komandan Distrik Militer 0818 Malang Batu Letnan Kolonel Infanteri Yuda Sancoyo, DPRD, hingga Badan Narkotika Nasional (BNN).

Dia menuturkan paket makanan yang dibagikan kepada 436 pelajar Sekolah Dasar (SD) Negeri Torongrejo sudah melalui tahapan perhitungan kalori oleh ahli gizi. 

Setiap paketnya berisi menu yang terdiri dari susu, mineral, roti, telur rebus, dan pisang.

"Tentunya uji coba ini terus dilakukan evaluasi yang menjadi bahan pertimbangan untuk menyempurnakan program makan bergizi gratis di masa mendatang," ucapnya.

Dia menyatakan KWB Bergizi juga menjadi langkah Forkompimda Kota Batu menyukseskan program makan bergizi gratis.
 
"Program makan bergizi gratis ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup anak-anak" ucapnya.

Aries berharap pelaksanaan KWB Bergizi menjadi langkah awal menyukseskan berjalannya program makan bergizi yang dirancang, salah satunya untuk mengatasi permasalahan stunting di wilayah setempat.

"Kami berharap uji coba ini dapat menjadi langkah awal yang baik dalam pelaksanaan program makan bergizi gratis secara menyeluruh di Kota Batu," ujar dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024